Kenalkan John McFall, Calon Astronaut Disabilitas Pertama di Dunia

Kenalkan John McFall, Calon Astronaut Disabilitas Pertama di Dunia

ADVERTISEMENT

Kenalkan John McFall, Calon Astronaut Disabilitas Pertama di Dunia

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Sabtu, 26 Nov 2022 15:41 WIB
John McFall Kandidat Astronaut Disabilitas dari ESA
John McFall, kandidat astronaut disabilitas untuk ESA (Foto: ESA)
Jakarta -

Badan Antariksa Eropa (ESA) membuat sejarah dengan memilih disabilitas bernama John McFall sebagai kandidat astronaut terbaru. Siapakah dia?

Direktur Eksplorasi Manusia dan Robotika ESA, David Parker mengatakan ESA sudah lama berencana merekrut disabilitas. Meski begitu, jalan McFall masih panjang sampai nanti resmi bertugas.

"Kita bisa bilang John akan menjadi Parastronaut pertama, artinya orang yang terpilih dalam proses pemilihan astronaut namun memiliki disabilitas yang umumnya membuat dia tidak terpilih," kata Parker dilansir dari NBC, Sabtu (26/11/2022).

Sepertinya Parastronaut akan resmi menjadi istilah baru. Masih butuh waktu 5 tahun sampai McFall bertugas di angkasa sebagai astronaut.

"ESA punya komitmen mengirim astronaut ke luar angkasa dengan disabilitas fisik. Ini pertama kalinya ada badan antariksa melakukannya. Dan ini menjadi pesan kuat untuk kemanusiaan," kata McFall.

Dari situs resmi ESA yang dilihat detikINET. John McFall adalah pria kelahiran Frimley, Inggris, 25 April 1981. McFall menjadi disabilitas pada usia 19 tahun, ketika kaki kanannya diamputasi usai kecelakaan motor.

Tahun 2005, dia sudah menjadi atlet lari paralimpiade nasional dari Inggris. Dia lalu menjadi dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Cardiff, Inggris tahun 2014. Dia menjadi dokter profesional sampai sekarang.

McFall menikah dan punya 3 anak. Olahraga favoritnya adalah lari, sepeda gunung, main gitar, traveling dan pertukangan.

Pada November 2022 dia mengikuti program Parastronaut Feasibility Project. Ini adalah program yang digelar ESA untuk melihat kemungkinan apakah orang dengan disabilitas bisa menjadi astronaut. McFall pun terpilih sudah.



Simak Video "Astronaut Arab Klaim Tak Wajib Puasa Ramadhan Saat di Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/hps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT