Pilot Tangkap Fenomena Langka St. Elmo's Fire dari Pesawat

Pilot Tangkap Fenomena Langka St. Elmo's Fire dari Pesawat

ADVERTISEMENT

Pilot Tangkap Fenomena Langka St. Elmo's Fire dari Pesawat

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 11 Nov 2022 10:45 WIB
Fenomena St. Elmos Fire
Pilot Tangkap Fenomena Langka St. Elmo's Fire dari Kokpit Pesawat. Foto: Luis Andress
Jakarta -

Seorang pilot pesawat Airbus menangkap fenomena luar biasa yang dikenal sebagai St Elmo's Fire. Fenomena itu mengadang bahkan menyelimuti pesawat yang dikendarainya.

Pilot Luis Andress terbang dari Miami ke Denver saat Badai Ian bulan lalu yang menyebabkan kerusakan senilai USD 50 miliar di seluruh Florida, Amerika Serikat.

Peristiwa itu terjadi ketika atmosfer menjadi bermuatan dan pelepasan listrik plasma terjadi antara benda dan udara di sekitarnya.

"Saya tinggal di Florida, dan sedang melakukan penerbangan dari Miamin ke Denver pada hari ketika terjadi Badai Ian. Tampak fenomena St Elmo's Fire saat itu," ujarnya seperti dikutip dari Metro.

"Saya sangat terkesan karena ini adalah pertama kali melihatnya dengan intensitas seperti itu," tambahnya.

Badai Ian adalah badai Atlantik Kategori 4 yang besar dan merusak yang merupakan badai paling mematikan yang menyerang negara bagian Florida sejak terjadi badai Labor Day tahun 1935.

Fenomena St. Elmo's FireFenomena St. Elmo's Fire terekam dari kokpit pesawat. Foto: Luis Andress

Ian menyebabkan kerusakan luas di Kuba barat dan Amerika Serikat bagian tenggara, terutama negara bagian Florida dan Carolina Selatan.

Fenomena St. Elmo's Fire sangat jarang terjadi. Kemunculannya merupakan lucutan plasma yang sangat terang terbentuk akibat lucutan korona yang berasal dari objek dasar bermuatan listrik yang terbentuk di atmosfer. Kondisinya hampir sama seperti badai petir atau badai listrik yang terbentuk akibat letusan gunung berapi.

Nama St. Elmo's Fire berasal dari St. Erasmus dari Formiae yang juga dikenal sebagai St. Elmo. Ia adalah seorang santo pelindung dan pelaut. Fenomena ini muncul di kapalnya yang sedang dihadang badai petir, ia melihat fenomena ini dengan takjub, sehingga ia menamai fenomena ini dengan nama St. Elmo's Fire.

Kemunculan fenomena itu memperingatkan sambaran petir segera terjadi. Para pelaut mengagumi fenomena ini dan ada sebagian dari mereka yang menganggapnya sebagai pertanda baik.



Simak Video "Melihat Keindahan Strawberry Supermoon di Belakang Kuil Kuno Yunani"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT