Bumi Dihantam Radiasi dari Sumber Misterius, Ilmuwan Bingung

Bumi Dihantam Radiasi dari Sumber Misterius, Ilmuwan Bingung

ADVERTISEMENT

Bumi Dihantam Radiasi dari Sumber Misterius, Ilmuwan Bingung

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 31 Okt 2022 18:20 WIB
Ledakan besar di Matahari
Foto: ESA
Jakarta -

Suar Matahari pernah dianggap bertanggung jawab atas lonjakan historis tingkat radiasi Bumi. Tetapi sebuah studi baru menunjukkan bahwa lonjakan radiasi itu mungkin tidak disebabkan oleh semburan Matahari seperti yang diyakini sebelumnya, melainkan karena sesuatu yang jauh lebih kuat dan masih misterius hingga kini.

"Ada semacam fenomena astrofisika ekstrem yang tidak kita pahami dan sebenarnya bisa menjadi ancaman bagi kita," kata Benjamin Pope, rekan penulis studi dan ahli astrofisika di University of Queensland, dikutip dari Futurism.

Mereka meneliti lingkaran pohon untuk mencari lonjakan karbon 14, sebuah isotop radioaktif karbon yang kehadirannya meningkat mewakili lonjakan tingkat radiasi di Bumi.

Peningkatan radiasi, pada gilirannya, disebabkan oleh peristiwa astrofisika misterius yang disebut "Peristiwa Miyake", sesuai nama ilmuwan Jepang yang menemukannya.

Menurut Pope, ada enam peristiwa Miyake yang diketahui dalam 10 ribu tahun terakhir, dengan yang terbaru terjadi pada tahun 993 M. Hingga saat ini, mereka diyakini disebabkan oleh badai Matahari parah yang biasanya terjadi pada puncak aktivitas bintik Matahari 11 tahun dalam siklus Matahari.

Tetapi setelah mengolah data, Pope dan timnya menemukan bahwa lonjakan radiasi ini muncul di seluruh siklus Matahari, tidak hanya pada puncaknya 11 tahun.

"Setidaknya dua, mungkin tiga dari peristiwa ini memakan waktu lebih dari satu tahun, yang mengejutkan karena itu tidak akan terjadi jika itu adalah suar Matahari," kata Pope.

Suar Matahari terakhir yang kuat yang menyerang planet kita terjadi pada tahun 1859 yang dikenal sebagai Peristiwa Carrington. Pada saat itu Peristiwa Carrington merusak infrastruktur telekomunikasi.

Di zaman yang sangat bergantung pada elektronik dan internet, peristiwa seperti Carrington bisa jadi lebih menghancurkan jika terjadi sekarang. Namun yang menakutkan, apa pun yang menyebabkan Peristiwa Miyake akan menjadi 100 kali lebih kuat daripada Peristiwa Carrington.

Jadi kekuatan apa yang bertanggung jawab atas Peristiwa Miyake ini? Pope berpikir itu bisa jadi disebabkan rentetan semburan api Matahari yang meledak secara berurutan.

"Bukan hanya satu semburan Matahari, tetapi semburan api yang berulang kali meletus lagi dan lagi," jelasnya.

Apakah Bumi akan mengalami peristiwa seperti itu lagi dalam waktu dekat? Pope berpikir kemungkinannya tipis. "Berdasarkan data yang tersedia, kira-kira ada satu persen peluang untuk mengalaminya lagi dalam dekade berikutnya," kata Pope.



Simak Video "Fenomena Penampakan Ikan Melompat ke Darat di Pulau Seribu"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT