Buaya Suci Dianggap Dewa India, Dimakamkan Secara Istimewa

Buaya Suci Dianggap Dewa India, Dimakamkan Secara Istimewa

ADVERTISEMENT

Buaya Suci Dianggap Dewa India, Dimakamkan Secara Istimewa

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 23 Okt 2022 05:44 WIB
Buaya Suci
Foto: AFP
Jakarta -

Ratusan orang menghadiri pemakaman yang penuh air mata pada Senin (10/10) lalu. Bukan pemakaman seorang manusia, tapi seekor buaya yang diyakini sebagai dewa.

Buaya yang dianggap suci ini diketahui bertahan hidup selama beberapa dekade dengan menjadi vegetarian di sebuah kuil Hindu di India.

Babia, sebutan untuk buaya itu, menjaga kuil Sri Ananthapadmanabha Swamy yang sangat dihormati di negara bagian selatan Kerala, India. Ia bersembunyi di danau sekitar kuil selama hampir 80 tahun.

Reptil yang dihormati banyak orang itu ditemukan mengambang tak bernyawa di danau pada Senin (10/10) pagi setelah dilaporkan tidak makan selama beberapa hari.

"Kuil di Kasaragod yang didedikasikan untuk dewa Hindu Wisnu berusia 3.000 tahun, telah dilindungi selama berabad-abad oleh seekor buaya dewa," kata sekretaris kuil Ramachandran Bhat, dikutip dari AFP, Minggu (23/10/2022).

"Buaya dewa terakhir ditembak mati oleh militer Inggris sekitar tahun 1940 dan setelah itu Babia muncul di danau. Kami tidak bisa mengatakan dari mana asalnya, tapi danau itu terhubung dengan gua di bawahnya," terang Bhat.

Babia dianggap suci karena dianggap tidak pernah menyerang hewan atau manusia lain, termasuk anak-anak yang dibawa ke tepi danau untuk menyentuh reptil untuk mendapatkan berkahnya.

Banyak yang percaya buaya itu bertahan hidup memakan prasadam, makanan suci nasi dan gula merah yang diberkati dan disucikan oleh pendeta kuil. Bhat mengatakan dirinya tidak mendukung klaim bahwa Babia bisa bertahan hidup karena ada ikan di danau.

Prosesi pemakamam Babia diselenggerakan secara istimewa. Tubuh bersisik itu dihiasi bunga dan diberkati sebelum diarak melewati kerumunan pelayat di atas hamparan daun kelapa yang diletakkan di atas tandu, kemudian dikubur di kompleks candi.

Menteri Pertanian dan Kesejahteraan Petani India Shobha Karandlaje, menegaskan kembali bahwa Babia adalah buaya istimewa yang memiliki pola makan tanpa daging alias vegetarian. Ia juga mengatakan buaya itu adalah milik Dewa dan kini Babia telah mencapai keselamatan.



Simak Video "Main Sambil Belajar di Festival Flona Lapangan Banteng"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT