Senjata Rahasia Erling Haaland Diungkap Ilmuwan

Senjata Rahasia Erling Haaland Diungkap Ilmuwan

ADVERTISEMENT

Senjata Rahasia Erling Haaland Diungkap Ilmuwan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 07 Okt 2022 08:15 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - OCTOBER 05: Erling Haaland of Manchester City celebrates after scoring their teams second goal during the UEFA Champions League group G match between Manchester City and FC Copenhagen at Etihad Stadium on October 05, 2022 in Manchester, England. (Photo by Michael Regan/Getty Images)
Secara Ilmiah, Haaland Memang Terbaik. Foto: Getty Images/Michael Regan
Jakarta -

Pesepakbola asal Norwegia Erling Haaland disebut seorang profesor memiliki kemampuan scanning yang luar biasa baik. Pria yang bermain untuk klub Manchester City ini bahkan disebut mengungguli teman-temannya yang lain. Lalu, apa yang dimaksud dengan scanning dan kaitannya dengan kinerja seorang pemain?

Profesor Geir Jordet adalah pakar psikologi sepak bola di Norwegian School of Sports Sciences. Dia telah melakukan penelitian tentang bagaimana pemain 'scanning' atau 'memindai' apa yang ada di sekitar mereka. Hasil analisis selama 25 tahun yang ia lakukan telah membuktikan bahwa ada hubungan antara pemindaian dan kinerja pemain.

Scanning pada dasarnya adalah metode yang digunakan pemain untuk mengumpulkan informasi di lapangan, mengalihkan pandangan dari bola. Scanning atau memindai bisa membantu pemain untuk menentukan sikap ketika mendapatkan bola. Prof Jordet mengatakan scanning bisa dipelajari.

Nah, yang menarik, Haaland dinyatakan sebagai striker terbaik di dunia dalam melakukan scanning. Dia melakukannya lebih sering, memindai 0,35 hingga 0,50 kali per detik dibandingkan dengan pemain penyerang Premier League lainnya yang rata-rata hanya 0,28 kali per detik -- dan dengan kualitas yang lebih baik daripada siapapun di divisi ini.

"Ketika kami melihat Erling Haaland, kamu melihat pemain dengan frekuensi pemindaian yang tinggi. Dia memindai cukup sering, terutama dibandingkan dengan pemain posisi depan lainnya," kata Prof Jordet, mengutip iNews UK.

"Kami melihat dia mendapatkan banyak keuntungan dari scanning yang ia lakukan. Dia melakukannya dengan cara yang benar, waktu yang tepat dan sangat logis kalau dia mendapatkan keunggulan dari itu," sambungnya.

Pujian lain untuk pria dengan tinggi 194 cm ini adalah ia memiliki kognisi terus bekerja, bahkan ketika dia tidak menguasai bola. Meskipun dia tidak menyentuh bola, dia terus-menerus disibukkan dengan berbagai strategi semisal kemana dia harus bergerak untuk meningkatkan peluang mencetak gol.

"Erling Haaland tidak begitu fokus untuk terlibat dengan bola sebanyak mungkin. Dia fokus untuk terlibat dengan bola pada waktu yang tepat untuknya, yang berarti ketika bola berada di tengah lapangan atau di salah satu tepi dia tidak akan pergi ke sana karena dia lebih suka berada di depan gawang. ketika bola sampai di sana. Pemindaiannya secara harfiah berarti dia terus bekerja, meskipun kita tidak melihatnya," tandasnya.



Simak Video "Kata-kata Pertama Haaland Kala Berseragam Man City"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT