Hewan Aneh Bermata Tiga Sungguhan Ada di Dunia

ADVERTISEMENT

Hewan Aneh Bermata Tiga Sungguhan Ada di Dunia

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 06 Okt 2022 11:08 WIB
triops
Hewan aneh bermata tiga bernama Triops (Foto: Wikiwand)
Jakarta -

Salah satu hewan paling aneh yang ada di dunia adalah hewan bermata tiga bernama Triops. Kemunculannya pernah bikin heboh, tapi kini jadi hewan peliharaan.

Triops adalah keluarga udang dari famili Triopsidae. Nama Triops dari bahasa Yunani merujuk pada jumlah matanya yang memang ada tiga. Ada 2 mata besar dan 1 mata kecil di antaranya. Sementara nama lainnya dalam bahasa Inggris adalah tadpole shrimp atau udah kecebong.

Triops disebut juga udang purba atau fosil hidup. Hewan ini menurut ilmuwan sudah ada sejak jutaan tahun lalu dan ditemukan sebagai fosil. Triops tersebar di Afrika, Australia, Asia, Amerika dan Eropa.

Pernah ada kejadian hewan ini ditemukan di Amerika Serikat, yang mestinya bukan tempatnya. Live Science pernah memberitakan hewan aneh ini muncul setelah hujan di lapangan keramat suku Indian di Wupatki National Monument, Flagstaff, Arizona, AS pada Juli 2021.

Kemunculan hewan bermata tiga ini bikin heboh media sosial AS pada saat itu. Ilmuwan menyimpulkan, Triops bisa muncul di luar wilayah habitatnya asalkan iklimnya dan ekosistemnya sesuai yaitu kolam-kolam alami.

Meskipun sangat aneh, Triops bukan hewan langka. Bahkan, hewan ini adalah sahabat manusia.

Triops memakan larva nyamuk Culex penyebar virus West Nile. Triops juga jadi pembasmi gulma padi di Jepang. Bahkan Triops longicaudatus kini dijual sebagai hewan peliharaan di akuarium.

Serius lho detikers. Toko-toko akuarium menjualnya dengan nama Aquasaurus, Trigon atau Triops. Namun tentu tidak semua toko menjualnya. Anda harus mencari ke toko online, untuk mencari toko yang menjual hewan ajaib ini jika tertarik memeliharanya.



Simak Video "Bupati Langkat Soal Satwa Dilindungi di Rumahnya: Demi Tuhan Itu Titipan!"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT