Ilmuwan Bilang Suara Freddie Mercury, Salah Satu yang Terbaik di Dunia

Ilmuwan Bilang Suara Freddie Mercury, Salah Satu yang Terbaik di Dunia

ADVERTISEMENT

Ilmuwan Bilang Suara Freddie Mercury, Salah Satu yang Terbaik di Dunia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 03 Okt 2022 22:11 WIB
Freddie Mercury
Keistimewaan Suara Freddie Mercury, Salah Satu yang Terbaik? Foto: Dok. Freddie Mercury
Jakarta -

Siapa penyanyi favoritmu sepanjang masa? Pasti jawabannya bisa sangat beragam, tergantung selera tiap individu. Akan tetapi, penelitian menyebutkan bahwa vokalis Queen, Freddie Mercury, memiliki suara yang termasuk dalam kategori sepanjang masa. Pasalnya, Mercury memiliki suara yang unik dan menarik di bahas dari sisi ilmiah.

Itulah yang disebut penelitian 'Freddie Mercury - acoustic analysis of the fundamental frequency of speech, vibrato and sub-harmonics;'. Penelitian tersebut dibuat oleh peneliti Austria, Ceko dan Swedia dalam kemitraan dengan University of Czech Republic, Palack√Ĺ Olomouc.

Melansir Rock and Roll Garage, seperti dilihat Senin (3/10/2022) laring dari penyanyi asal London, Inggris ini diteliti memiliki 4.000 frame per detik. Ini adalah bukti bahwa Mercury lahir dengan kemampuan bernyanyi sub-harmonic, atau dengan kata lain, ia mampu memberikan nada geraman yang unik dalam lagunya. Contohnya dapat kamu dengar dalam lagu 'Under Pressure', di mana Freddie menyanyikan lirik 'Why can't we give love that one more chance.'.

Lagi, struktur tulang wajah penyanyi yang memiliki satu gigi tambahan tidak hanya menarik secara visual. Dengan strukturnya ini, membuatnya memiliki amplitudo di atas normal dan rentang vokal 37 semitone, yaitu nyaris empat oktaf. Ada 12 semitone per oktafnya.

Survei lebih lanjut menganalisis lagu 'Bohemian Rhapsody' dan 'Love of My Life' secara rinci. Disimpulkan bahwa pita suara Merkurius bergerak lebih cepat daripada kebanyakan orang. Biasanya, vibrato, teknik bernyanyi, bergetar antara 5,4 Hz dan 6,9 Hz, sedangkan pemimpin Queen bernyanyi di rentang 7,04 Hz. Terakhir, peneliti menyimpulkan Freddie Mercury lahir dengan bakat menyanyi yang alami.

Hmm, tidak mengherankan, sih. Suara Freddie Mercury memang sangat indah dalam membawakan lagu-lagu ciptaannya, selain itu performanya di atas panggung juga menambah nilai plus dalam setiap penampilannya. Setuju atau tidak, detikers?



Simak Video "Suara Sirene Meraung-meraung di Jepang, Menandai Rudal Korea Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT