Cara Temukan Arah Kiblat Sholat dengan Aplikasi Android dan iOS

Cara Temukan Arah Kiblat Sholat dengan Aplikasi Android dan iOS

ADVERTISEMENT

Cara Temukan Arah Kiblat Sholat dengan Aplikasi Android dan iOS

Tim - detikInet
Jumat, 26 Agu 2022 11:48 WIB
3 yang harus diperhatikan saat cek arah kiblat
Foto: Fuad Hasyim/detikcom
Jakarta -

Umat muslim wajib mengetahui arah kiblat ketika akan melaksanakan ibadah sholat, karena menghadap kiblat menjadi salah satu syarat sahnya sholat. Menemukan arah kiblat sholat juga bisa dengan memanfaatkan aplikasi Android dan iOS.

Untuk diketahui, arah kiblat sendiri mengacu pada Ka'bah yang bertempat di Masjidil Haram, Kota Makkah, Arab Saudi. Bagi muslim di Indonesia, arah kiblat berpatokan di sekitar arah barat laut.

Untuk menemukan arah tersebut, umumnya umat muslim memiliki pedoman pada arah terbenamnya matahari. Menentukan arah kiblat bisa dilakukan menggunakan kompas atau penunjuk angin.

Cara ini sudah divalidasi oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (sekarang Pusat Riset Antariksa BRIN) bahwa penggunaan kompas sebagai alat navigasi bisa digunakan untuk bantu menemukan arah kiblat bagi para umat muslim.

Bagaimana jika menggunakan kompas modern di aplikasi? Berikut ini cara temukan arah kiblat sholat dengan aplikasi Android dan iOS.

1. Qibla Finder

Aplikasi arah kiblat Qibla Finder sudah didownload ribuan pengguna di Google Play Store maupun Apple App Store. Kalian hanya perlu melakukan kalibrasi untuk akurasi kompas saat pertama menggunakannya, dengan menggerakkan ponsel membentuk angka delapan. Setelah itu, aplikasi akan secara otomatis mencarikan arah kiblat yang benar.

Qibla Finder tak hanya membantu penggunanya mencari kiblat dengan langsung dengan melacak lokasi Ka'bah, tetapi juga menyediakan kalender Islam yang akurat.

2. Arah Kiblat 100%

Selanjutnya ada Arah Kiblat 100%. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menentukan arah kiblat tanpa harus tersambung dengan internet. Developer aplikasi ini mengklaim, Arah Kiblat 100% mampu menentukan arah kiblat secara akurat dengan fitur GPS di dalamnya.

Pengguna hanya perlu memegang HP pada permukaan datar dan menjauhkannya dari area elektromagnetik serta objek logam. Terdapat fitur untuk mengatur ulang lokasi dengan menekan penanda agar hasil lebih akurat.

3. Qibla Connect Find Direction

Qibla Connect Find Direction, sesuai namanya, punya fitur utama mencari arah kiblat. Kalian hanya perlu membuka aplikasi ini di HP dan memilih menu "Qibla" untuk mengaktifkan kompas di aplikasi tersebut.

Kompas virtual pada aplikasi akan menunjukkan arah mata angin dan menunjukkan arah kiblat dengan jarum berwarna merah yang mengarah pada logo Ka'bah. Terdapat fitur lainnya di aplikasi ini antara lain waktu sholat, Al-Qur'an, doa-doa pendek dan pilihan desain kompas yang menarik.

4. Prayer Times and Qibla

Tak hanya menentukan arah kiblat, aplikasi satu ini juga bisa menjadi pengingat waktu sholat. Aplikasi arah kiblat ini juga mendukung beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

5. Arah Kiblat Indonesia

Aplikasi arah kiblat ini sangat spesifik untuk menentukan arah untuk orang Indonesia. Fitur kompas di sebelah pencari kiblat ini bahkan tak memerlukan internet dan GPS.

Itu dia cara temukan arah kiblat sholat dengan aplikasi Android dan iOS yang bisa kalian pilih. Semoga membantu!



Simak Video "47 HP yang Say Bye ke WhatsApp Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT