Penampakan Potret Bulan Paling Detail, 174 Megapiksel!

Penampakan Potret Bulan Paling Detail, 174 Megapiksel!

ADVERTISEMENT

Penampakan Potret Bulan Paling Detail, 174 Megapiksel!

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 26 Agu 2022 05:46 WIB
Foto Bulan paling detail
Foto: Andrew McCarthy dan Connor Matherne
Jakarta -

Dua astrofotografer baru saja merilis foto yang mereka klaim sebagai foto Bulan paling detail. Menariknya, foto ini hasil kerja keras melelahkan selama dua tahun dan lebih dari 200 ribu frame dalam pembuatannya.

"Selama ribuan tahun, manusia senang memandang Bulan saat menghiasi langit malam, tetapi belum pernah ada yang menawarkan pemandangan Bulan sedetail ini," kata penggemar fotografi luar angkasa Andrew McCarthy tentang kolaborasinya dengan ilmuwan planet Connor Matherne, dikutip dari Science Alert, Jumat (26/8/2022).

Apakah kalian sependapat? Lihatlah gambar menakjubkan karya mereka di bawah ini:

Foto Bulan paling detailFoto Bulan paling detail. Foto: Andrew McCarthy dan Connor Matherne

Ketika menikmati keindahan gambar 174 megapiksel ini, kalian bisa melihat Bulan berwarna merah dan biru, diterangi di sisi kanan saat menghadap Bumi.

"Bercak merah adalah besi dan feldspar yang teroksidasi oleh atom oksigen dari Bumi," McCarthy menjelaskan kepada followernya yang ingin tahu di Twitter.

Meskipun warnanya mungkin terlihat salah, secara teknis itu adalah warna Bulan yang sebenarnya. Hanya saja, mata kita tidak cukup sensitif untuk melihatnya, jadi McCarthy memberi tambahan saturasi pada gambar tersebut untuk menonjolkan warnanya.

Mahakarya foto Bulan ini yang sangat detail ini terdiri dari lebih dari 200 ribu frame gambar. Semua frame diambil dalam satu malam dan ditumpuk menjadi satu.

"Semuanya dirakit seperti mosaik, dan setiap 'ubin' terdiri dari ribuan foto," kata McCarthy kepada NPR mencoba menyederhanakan penjelasan proses pengeditan yang panjang.

"Gambar ini adalah surat cinta untuk misi Artemis 1 yang akan datang, kendaraan peluncuran Bulan pertama yang akan mengirim kembali manusia ke sana," kata McCarthy.

Tonggak besar pertama dalam misi itu, yang akan diluncurkan pada 29 Agustus, adalah uji terbang tanpa awak dari Sistem Peluncuran Luar Angkasa, roket angkat super berat yang akan melontarkan astronaut di sekitar sisi jauh Bulan.

Ini bukan pertama kalinya McCarthy dan Matherne menyajikan foto-foto Bulan dan benda langit lainnya yang menakjubkan. Sebelumya ada juga gambar Nebula yang tampak seperti gulali.



Dua tahun lalu, keduanya membagikan foto komposit pertama mereka tentang Bulan, yang dalam retrospeksi terlihat cukup redup dibandingkan dengan gambar terbaru mereka, tetapi tetap mengejutkan netizen pada saat itu.

Dan pada tahun 2019, McCarthy memposting foto skala abu-abu dari Bulan kita yang diselimuti cahaya dan mengambang dengan anggun di luar angkasa, mengingatkan pada gambar Earthrise ikonik yang diambil oleh astronaut Bill Anders dari Apollo 8.



Simak Video "Melihat Fenomena Gerhana Bulan Total di Jakarta dan Kota-kota di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT