Video Viral Belatung Pernah Heboh, Ini Fakta Hewan Si Penghuni Bangkai

ADVERTISEMENT

Video Viral Belatung Pernah Heboh, Ini Fakta Hewan Si Penghuni Bangkai

Tim - detikInet
Kamis, 11 Agu 2022 07:15 WIB
Belatung Makan Pizza
Video Viral Belatung Pernah Heboh, Ini Fakta Hewan Si Penghuni Bangkai. Foto: Istimewa
Jakarta -

Awal tahun ini, media sosial TikTok sempat dihebohkan video viral belatung. Video ini menampilkan belatung yang keluar dari vagina saat berhubungan.

Banyak pakar kesehatan menyatakan jika hal itu mustahil terjadi, salah satunya dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS. Ia menegaskan bahwa belatung hanya hidup dengan mengonsumsi jaringan mati atau bangkai. Bahkan dalam penyakit menular seksual pun, tak pernah ada belatung dalam vagina.

Berikut ini lima fakta ilmiah belatung, makhluk hidup yang identik dengan bangkai, dirangkum detikINET dari berbagai sumber.

Apa itu belatung

Belatung merupakan larva lalat, tidak memiliki kaki, dan ukurannya tidak lebih besar dari sebutir beras. Belatung utamanya berwarna putih, tetapi beberapa spesies, seperti belatung ekor tikus, memiliki rona merah atau coklat.

Cuma makan bangkai

Belatung biasanya hanya memakan jaringan yang sudah mati atau bangkai hewan, manusia, dan makanan busuk dari sisa-sisa sampah organik. Koloni belatung dapat memakan habis setengah manusia dalam kurun waktu seminggu.

Habitat belatung

Kebanyakan belatung memiliki habitat di mana pun mereka memiliki makanan untuk dimakan. Belatung akan mencari tempat di mana terdapat makanan yang membusuk, bahan organik, hingga kotoran. Bahkan belatung dapat ditemukan di dapur yang tidak terawat di antara makanan basi.

Bisa ada di tubuh manusia

Belatung pada tubuh manusia jarang terjadi, tetapi makhluk ini bisa ada di tubuh manusia jika terpapar melalui makanan basi atau terinfeksi myasis. Meskipun kecil kemungkinannya, infeksi yang disebut myiasis mungkin terjadi jika belatung berjalan melalui anus ke usus.

Berumur pendek

Belatung punya umur yang pendek. Karenanya, mereka selalu ada berkelompok dalam jumlah besar dan saling bergantung untuk hidup, terutama dalam hal mencari makanan. Soal makanan, meski belatung adalah omnivora, iklim yang tepat dapat membuatnya menjadi karnivora.



Simak Video "Museum Purbakala Patiayam Selamatkan Fragmen Rusa-Gajah Purba"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT