Lubang Terdalam Bumi Mau Digali Pakai Teknologi Canggih, Buat Apa? - Halaman 2

Lubang Terdalam Bumi Mau Digali Pakai Teknologi Canggih, Buat Apa?

ADVERTISEMENT

Lubang Terdalam Bumi Mau Digali Pakai Teknologi Canggih, Buat Apa?

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 15 Jul 2022 22:05 WIB
Bumi
Ilmuwan Mau Gali Lubang Terdalam Bumi untuk Sumber Energi. Foto: Quaise/YouTube

Menggunakan balok gyrotron

Woskov mendapat ide menggunakan balok gyrotron untuk menguapkan batu setelah menggunakannya dalam eksperimen fusi nuklir selama bertahun-tahun, dan dia melakukan tes di mana dia meledakkan formasi batuan kecil dengan gelombang dari gyrotron kecil di Plasma Science and Fusion Center MIT.

Platform pengeboran bertenaga gyrotron Quaise menguapkan lubang bor melalui batuan, memungkinkan akses ke panas Bumi yang dalam tanpa memerlukan peralatan lubang bawah yang rumit.

Dijadwalkan selesai sebelum akhir tahun, tim Quaise ingin menguapkan lubang sepuluh kali kedalaman percobaan lab Woskov dengan mesin yang lebih besar. Kemudian, mereka akan menguapkan lubang sepuluh kali lebih dalam dari yang sebelumnya, yang disebut sebagai lubang 100 banding 1.

Pada akhirnya, perusahaan berharap bisa mulai menguapkan batu dalam uji lapangan akhir tahun depan dan mengekstrak energi dari sumur panas Bumi percontohan dengan suhu batuan hingga 500 derajat Celcius pada tahun 2026.

"Ada keuntungan luar biasa dalam energi terbarukan selama dekade terakhir, tetapi gambaran besarnya hari ini adalah kita tidak akan cukup cepat untuk mencapai tonggak yang kita butuhkan untuk membatasi dampak terburuk dari perubahan iklim," kata Woskov.



Simak Video "Enggak Cuma BBM, Indonesia Bisa Gunakan 3 Sumber Energi Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT