Pulau Misterius Ini Tertutup Awan Tebal, Indah Tapi Mengerikan

ADVERTISEMENT

Pulau Misterius Ini Tertutup Awan Tebal, Indah Tapi Mengerikan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 30 Jun 2022 13:15 WIB
Pulau Heard
Pulau Heard. Foto: Wikipedia
Jakarta -

Ada pulau misterius di Australia bernama pulau Heard. Letaknya terpencil dan selalu tertutup awan pekat sepanjang tahun. Sudah begitu, ada air dan api dahsyat di sana. Pemandangannya indah sekaligus mengerikan.

Itu karena terdapat gunung berapi aktif yang dikenal sebagai Big Ben. Seperti dikutip detikINET dari ABC, gunung Big Ben itu adalah yang tertinggi di Australia, mencapai 2.745 meter.

Di sekelilingnya, ada gletser sangat luas. Panas dan dingin berpadu menjadi satu. Cuacanya pun mengerikan, dengan angin kencang menyambar-nyambar, kecepatannya bisa tembus 33 kilometer per jam.

Tak hanya itu, pulau Heard termasuk yang paling terpencil di dunia. Butuh waktu 7 hari untuk menempuh jarak 4.000 kilometer dari Perth ke pulau itu.

Tidak ada penduduk di pulau misterius itu. Hanya nelayan atau peneliti yang mau ke sana, menempuh ombak badai. Pengunjung harus mendapatkan izin khusus dari Australian Antartic Division.

Pulau HeardPulau Heard. Foto: ABC

"Berada di sebuah pulau terpencil dan liar, Anda harus sangat siaga terhadap potensi bahaya dan mungkin Anda tidak bisa diselamatkan jika terjadi sesuatu yang buruk," kata Doug Throst dari Australian Antartic Division yang pernah dua kali mengunjunginya.

Di dekat pulau itu, ada pulau kecil bernama McDonald yang aktif secara vulkanis. Letusan besar pernah terjadi di tahun 1996 yang membuat ukuran pulau ini bertambah dua kali lipat.

Kunjungan ke Pulau Heard dibatasi agar flora dan fauna di sana tetap lestari dan bebas dari kemungkinan kontaminasi. Adapun gunung berapinya hanya pernah didaki tiga kali.

Halaman selanjutnya, banyak fauna>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT