Kontroversi Teori Evolusi, Manusia Disebut Campuran Simpanse dan Babi

ADVERTISEMENT

Kontroversi Teori Evolusi, Manusia Disebut Campuran Simpanse dan Babi

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 21 Jun 2022 19:42 WIB
Ilustrasi Babi
Teori Evolusi: Manusia Hasil Hybrid Simpanse dan Babi. Foto: Getty Images/iStockphoto/dusanpetkovic
Jakarta -

Teori evolusi manusia sangat banyak dan beragam, beberapa juga menuai protes dan bantahan. Dalam sejarah, salah satunya adalah yang diungkapkan oleh Dr Eugene McCarthy dari University of Georgia di tahun 2013. Ia adalah pakar dari ilmu hibrida.

Ia mengatakan bahwa manusia kemungkinan adalah hasil hibrida dari perkawinan simpanse dan babi. Hipotesisnya, meskipun ada kesamaan Homo sapien dengan simpanse, manusia memiliki fitur-fitur yang tidak bisa ditemukan di kalangan monyet atau kera lainnya.

"Kami percaya bahwa manusia terkait dengan simpanse karena manusia memiliki begitu banyak sifat dengan simpanse. Apakah tidak rasional juga, jika babi memiliki semua sifat yang membedakan manusia dari primata lain, untuk menganggap bahwa manusia juga terkait dengan babi? Mari kita anggap sebagai hipotesis kita, bahwa manusia adalah produk hibridisasi kuno antara babi dan simpanse," kata McCarthy, melansir Times of India, Selasa (21/6/2022).

Ia kembali menyodorkan pendapat di mana babi sering kali membantu manusia dalam ilmu kedokteran. Salah satunya, kulit babi bisa dipakai untuk pengobatan pasien luka bakar. Juga, pembuluh darah jantung babi yang bisa digunakan untuk pengganti pasien manusia.

"Kenapa babi bisa cocok untuk tujuan-tujuan itu? Kenapa bukan kambing, anjing atau beruang -- hewan yang dalam klasifikasi taksonomi tidak lebih jauh hubungannya dengan manusia ketimbang babi?" lanjutnya.

Meski begitu, penelitian ini masih belum menyuguhkan bukti yang kuat untuk menunjukkan manusia adalah hasil hibrida babi dan simpanse. Perlu penelitian lebih lanjut untuk mendukung hipotesis ini.

Tentu saja, banyak peneliti lain yang tidak setuju dengan hal ini. Mereka menilai bahwa ada kerumitan yang tidak memungkinkan terjadinya hibrida antara babi dan simpanse.



Simak Video "4 Eksperimen Hibrida Manusia dengan Hewan "
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT