Ilmuwan Sukses Bikin Robot Terkecil di Dunia, Bisa Jalan dan Lompat

Ilmuwan Sukses Bikin Robot Terkecil di Dunia, Bisa Jalan dan Lompat

ADVERTISEMENT

Ilmuwan Sukses Bikin Robot Terkecil di Dunia, Bisa Jalan dan Lompat

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 30 Mei 2022 07:45 WIB
Robot terkecil di dunia
Robot terkecil di dunia, bisa jalan dan melompat. Foto: Northwestern University
Jakarta -

Para peneliti dari Northwestern University sukses menciptakan robot kendali jarak jauh terkecil di dunia yang mampu berjalan. Bentuknya seperti kepiting kecil, lebarnya hanya setengah milimeter dan bisa muat di dalam tepi koin.

Secara spesifik, robot terkecil di dunia ini bisa berjalan, merangkak, membungkuk, menggeliat bahkan melompat. Menurut pemimpin penelitian Yonggang Huang, si robot dapat berjalan dengan kecepatan rata-rata setengah panjang tubuhnya per detik.

Cara bergeraknya bisa dibilang merupakan aspek robot yang paling menarik. Alih-alih mengandalkan elektronik kecil, para peneliti menggunakan bahan paduan khusus yang dapat berubah bentuk saat dipanaskan.

Menggunakan laser presisi, para peneliti dapat dengan cepat memanaskan bagian tertentu dari robot untuk membuatnya berubah bentuk. Lapisan kaca tipis membantu mendinginkan robot sehingga robot dapat kembali ke bentuk aslinya.

"Karena struktur ini sangat kecil, laju pendinginannya sangat cepat ," kata John Rogers, ilmuwan material di Universitas Northwestern .

Dia menambahkan bahwa mengurangi ukuran robot sebenarnya memungkinkan mereka untuk bergerak lebih cepat.

Robot terkecil di duniaRobot terkecil di dunia Foto: Northwestern University

"Anda dapat membayangkan robot mikro ini akan membantu kami memperbaiki atau merakit struktur. atau mesin kecil di industri atau dalam operasi medis untuk membuka arteri yang tersumbat, menghentikan pendarahan internal atau mengangkat tumor kanker tanpa operasi seperti sebelumnya." papar Roger.

Saat ini, penelitian masih dalam tahap percobaan tetapi kemungkinan akan berubah seiring semakin banyak kemajuan yang dicapai. Para peneliti mempublikasikan temuan mereka di jurnal Science Robotics.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Robot Humanoid Sambut Pengunjung di Forum Masa Depan Dubai"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT