Peta Sungai Aare Tempat Putra Ridwan Kamil Hilang di Swiss

Peta Sungai Aare Tempat Putra Ridwan Kamil Hilang di Swiss

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Sabtu, 28 Mei 2022 09:00 WIB
Peta Sungai Aare di Kota Bern Swiss tempat putra Ridwan Kamil menghilang yaitu Emmeril Khan Mumtadz (Eril)
Wilayah Sungai Aare tempat anak Ridwan Kamil hilang (Foto: Stadt Bern)
Jakarta -

Pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (Eril), masih dilakukan di Sungai Aare, Swiss. Inilah peta lokasi pencarian dan kondisi morfologi sungainya.

Dilansir dari media lokal Swiss, 20min, polisi mencari Eril di daerah antara Eichholz dan Marzili, tempat lokasi terakhir Eril terlihat. Pencarian melibatkan patroli di darat dan air dengan berjalan kaki di tepi Sungai Aere.

Bagaimana sebenarnya kondisi Sungai Aare di tempat Eril menghilang? Sungai Aare diketahui sudah lama menjadi kajian para ahli geologi karena merupakan sungai gletser yang berhulu di Gletser Aare di Pegunungan Alpen Bernese, Swiss.

Berenang di Sungai Aare sudah menjadi tradisi dan budaya rakyat Swiss. Selain itu, menurut ilmuwan kualitas air sungai ini sangat bagus menurut standar Uni Eropa.

Perlu diketahui, Sungai Aare yang dipakai berwisata adalah yang mengalir dari Kota Thun ke Kota Bern sampai ke Danau Wohlensee. Untuk Thun dan Wohlensee kebanyakan adalah kegiatan berperahu, sementara untuk berenang di sungai hanya di wilayah Kota Bern. Sungai Aare membelah Kota Bern dari daerah Muribad, lalu menyusuri sepanjang sisi utara Kota sampai Eymatt.

Oleh karena itu, pemerintah Kota Bern sudah membuat pemetaan daerah aliran Sungai Aare sesuai dengan kondisi morfologinya. Rupanya, tidak semua wilayah adalah aman.

Dalam kampanye wisata Aare You Safe, seperti dilihat detikINET dari situs Pemkot Bern, Sabtu (28/5/2022) mereka sudah pernah merilis peta Sungai Aare lengkap dengan kondisi morfologi, titik berbahaya dan fasilitas wisatanya adalah sebagai berikut:

Peta Sungai Aare di Kota Bern Swiss tempat putra Ridwan Kamil menghilang yaitu Emmeril Khan Mumtadz (Eril)Peta Sungai Aare di Kota Bern Swiss tempat putra Ridwan Kamil menghilang yaitu Emmeril Khan Mumtadz (Eril) Foto: Stadt Bern

Gambar peta di atas adalah bagian dari Sungai Aare di Kota Bern mulai dari Eichholz yang mengalir ke utara sampai Stauwehr (Pintu Air) Felsenau. Titik berbahaya ditandai dengan warna merah.

Ada tanda merah-putih-merah yang artinya zona terlarang untuk berenang dan main perahu. Ada juga kondisi morfologi sungai yang kurang aman yang disebut Untiefe atau dangkal, di bawah 70 cm dan sehingga tidak boleh melompat. Ada lagi titik bahaya Steinbrocken atau batuan sungai gampang runtuh.

Sementara itu, daerah aman ditandai dengan warna hijau yang disebut sebagai Ideale Schwimmstrecke atau jalur aman untuk berenang. Ada dua wilayah aman berenang di Kota Bern yaitu dari Eichholz sampai Marzilibad dan di area Lorrainebad, seperti tampak pada gambar peta di atas.

Jadi, kalau Eril berenang di antara Eichholz sampai Marzilibad, itu sebenarnya adalah wilayah aman untuk berenang. Namun selepas Marzilibad ada daerah larangan berenang, dari Jembatan Dalmazibruecke sampai Pintu Air Matteschwelle.

Kemana Eril terbawa arus? Kita sama-sama menunggu hasil pencarian polisi Swiss sambil tetap berdoa dan berharap yang terbaik.



Simak Video "Keluarga Ceritakan Kronologi Anak Ridwan Kamil Hilang di Sungai Aare"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/jsn)