5 Fakta Sungai Aare di Swiss Tempat Anak Ridwan Kamil Terseret Arus

ADVERTISEMENT

5 Fakta Sungai Aare di Swiss Tempat Anak Ridwan Kamil Terseret Arus

Tim - detikInet
Jumat, 27 Mei 2022 09:50 WIB
Aare River
5 Fakta Sungai Aare di Swiss Tempat Anak Ridwan Kamil Terseret Arus. Foto: Wikipedia
Jakarta -

Anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, terseret air sungai saat berenang di Sungai Aaree di Bern, Swiss. Hingga saat ini, tim SAR dan Polisi Swiss masih mencari keberadaan Eril, panggilan akrab anak Ridwan Kamil tersebut.

Menurut laporan dari pihak keluarga, Eril bersama adik dan temannya berenang di Sungai Aaree, pada siang hari, Kamis (26/5) waktu setempat. Saat kejadian, cuaca sedang cerah. Ketika ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang deras. Sebelumnya ia sempat mendapat bantuan dari kawannya, namun terlepas dan terbawa arus.

Dirangkum detikINET dari berbagai sumber, berikut ini fakta-fakta tentang Sungai Aare.

1. Sungai terpanjang di Swiss

Sungai Aare, atau sering juga dieja Aar, merupakan anak sungai Rhine dan sungai terpanjang di Swiss (295 km). Dikutip dari Britannica, sungai ini berhulu di Gletser Aare di Pegunungan Alpen Bernese di Kanton Bern, di bawah Finsteraarhorn dan barat Grimsel Pass, di bagian selatan-tengah Swiss.

2. Warisan budaya tak benda Swiss

Pada 2017, UNESCO menetapkan bahwa berenang di Sungai Aare masuk dalam daftar tradisi, dan karenanya merupakan bagian dari warisan budaya takbenda Swiss. Kantor Kebudayaan Federal Swiss memutuskan kegiatan mana yang diklasifikasikan sebagai "tradisi hidup." Daftar tersebut mencerminkan keragaman budaya Swiss dan telah secara aktif dipertahankan dan diperluas sejak 2012.

3. Tak hanya untuk berenang

Selain untuk berenang, Sungai Aare juga diperbolehkan untuk kegiatan arung jeram. Rekor dunia untuk arung jeram Sungai Aare dibuat di Bern pada 2012, ketika total 1.268 orang secara bersamaan mengarungi sungai tersebut dengan perahu karet, dari Kiesen ke Eichholz.

4. Kualitas air yang bagus

Tidak perlu khawatir jika secara tidak sengaja menelan air saat berenang di Sungai Aare. Sungai ini disebut memiliki kualitas air yang sangat baik. Hal ini telah dikonfirmasi oleh sampel air yang hasilnya menempatkan Sungai Aare dalam kategori "kualitas sangat baik" menurut Uni Eropa pada 2016.

5. Sumber listrik untuk kereta gantung

Marzilibhan adalah kereta api kabel umum terpendek di Swiss dengan panjang 105 meter. Jalur kereta ini menghubungkan distrik Marzili di sebelah Sungai Aare dengan Gedung Parlemen dan pusat kota Bern. Diluncurkan pada 1885, transportasi umum ini ditenagai air dari aliran Sungai Aare sampai tahun 1973.


Di stasiun puncak, satu tangki di bawah kabin diisi air dari aliran kota. Karena beratnya, kereta yang menuju ke bawah menarik kereta yang menunggu di bawah, bersama penumpangnya. Saat ini, listrik menggerakkan kereta gantung hingga ketinggian 31 meter.

[Gambas:Youtube]



(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT