Penampakan Aneh di Mars Dikira Pintu Rahasia Alien

Penampakan Aneh di Mars Dikira Pintu Rahasia Alien

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 13 Mei 2022 08:45 WIB
Penampakan diduga pintu rahasia alien di Mars
Penampakan Aneh di Mars Diduga Pintu Rahasia Alien Foto: NASA/JPL-Caltech/MSSS
Jakarta -

Rover Curiosity milik NASA baru saja mengirimkan foto terbarunya dari Planet Mars. Salah satu bagian dari foto tersebut memperlihatkan penampakan mirip pintu di antara batu-batuan.

Bagian yang membuat heboh dari foto tersebut adalah lubang di sisi bukit yang terlihat mirip seperti pintu gua. Foto tersebut diambil Curiosity menggunakan Mast Camera (Mastcam) di area bernama Greenheugh Pediment pada 7 Mei 2022.

Foto penampakan yang diduga pintu di Mars ini langsung membuat heboh internet. Salah satunya postingan populer di Reddit yang mengklaim bahwa Curiosity menjepret foto sebuah 'portal' dan 'dinding yang terlihat artifisial'.

Netizen dengan imajinasi liar langsung mengira bahwa ini merupakan pintu tempat persembunyian alien di Mars, terowongan ke pusat planet, bahkan portal menuju semesta lainnya.

Tapi netizen lainnya yang lebih bijak punya penjelasan yang lebih masuk akal. Beberapa pengguna Reddit yang lebih paham mengatakan pintu ini kemungkinan adalah patahan geser yang tercipta akibat tekanan pada batu yang membuatnya pecah.

Patahan ini juga bisa tercipta berkat bantuan gempa Mars. Kebetulan ilmuwan baru saja mencatatkan gempa terbesar di Mars pada 4 Mei kemarin, dan mereka masih mencari tahu di mana gempa itu terjadi dan apa penyebabnya.

Ternyata setelah diusut, objek yang terlihat seperti pintu itu ternyata ukurannya sangat kecil. Jet Propulsion Laboratory NASA mengatakan foto itu sebenarnya merupakan hasil zoom super dekat dari foto panorama dan memperlihatkan celah kecil di antara bebatuan.

"Tim ilmuwan menegaskan betapa kecilnya celah itu: lebarnya kira-kira 30 cm dan panjangnya 45 cm," kata juru bicara JPL dalam email kepada Snopes, seperti dikutip detikINET, Jumat (13/5/2022).

"Mereka mengatakan ada patahan linear di seluruh bagian ini, dan ini adalah lokasi di mana beberapa patahan linear berpotongan," sambungnya.

Jawaban NASA itu bisa dibuktikan dengan melihat foto panorama aslinya yang berwarna dan memiliki resolusi lebih tinggi di sini. Lokasi penampakan pintu itu ada di bagian tengah atas sedikit ke kiri, dan butuh beberapa kali zoom untuk melihatnya.

Ini bukan pertama kalinya foto dari luar angkasa membuat heboh internet karena dikira memperlihatkan objek alien. Seperti penampakan berbentuk kotak yang ditemukan rover Yutu-2 milik China di Bulan tahun lalu.

Sempat dikira sebagai gubuk alien, ternyata penampakan itu hanyalah batu biasa, yang karena perspektif dan pencahayaan terlihat berbentuk kubus seperti gubuk.



Simak Video "Misi Terbaru NASA Terbangkan 2 Astronaut ke Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)