Astronaut Eropa Bikin Video TikTok Pertama dari Luar Angkasa

Astronaut Eropa Bikin Video TikTok Pertama dari Luar Angkasa

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 09 Mei 2022 12:42 WIB
Jakarta -

TikToker kini tidak hanya sibuk membuat konten di Bumi tapi juga di luar angkasa. Seperti Samantha Cristoforetti, seorang astronaut dari European Space Agency, yang baru saja menjadi TikToker pertama di luar angkasa.

Cristoforetti menjadi orang pertama yang membuat konten TikTok di International Space Station (ISS) setelah mengunggah videonya pada Kamis (5/5) pekan lalu.

Cristoforetti merupakan anggota dari misi Crew-4 yang meluncur ke ISS menggunakan roket milik SpaceX. Ia dan ketiga rekannya tiba di ISS pada 27 April dan akan tinggal di sana selama enam bulan.

Dalam video TikTok berdurasi 88 detik, Cristoforetti menceritakan pengalamannya saat meluncur bersama misi Crew-4. Ia juga mengenalkan dua boneka yang menjadi indikator gravitasi nol saat peluncuran, sebuah boneka kura-kura bernama Zippy dan boneka monyet bernama Etta.

"Etta adalah singkatan dari 'scimietta', yang merupakan bahasa Italia untuk 'monyet kecil'," kata Cristoforetti dalam videonya, seperti dikutip dari Space, Senin (9/5/2022).

@astrosamantha Back on the International Space Station!🙋🏻♀️ #MissionMinerva #HomeAwayFromHome #SpaceTok ♬ Luxury fashion (no vocals) - TimTaj

Cristoforetti menceritakan bagaimana sibuknya hari-hari pertama anggota Crew-4 di ISS karena mereka harus banyak belajar dari anggota Crew-3 yang akan segera kembali ke Bumi. Misi Crew-3 meninggalkan ISS pada Kamis (5/5) dan mendarat di pesisir Florida sehari setelahnya.

Sebelum peluncuran misi Crew-4, Cristoforetti sebenarnya telah mengunggah beberapa video TikTok yang menjelaskan kehidupan di luar angkasa, tapi ini merupakan pertama kalinya ia membuat video TikTok di antariksa.

Videonya yang menunjukkan makanan astronaut di luar angkasa bahkan sudah ditonton lebih dari satu juta kali. Akunnya saat ini sudah memiliki lebih dari 152 ribu followers.

Ini merupakan kali kedua Cristoforetti terbang ke ISS. Sebelumnya ia pernah tinggal di stasiun luar angkasa pada November 2014 hingga Juni 2015, tapi saat itu tentu TikTok belum eksis seperti sekarang.

Video ini mungkin merupakan yang pertama bagi TikTok, tapi tentu saja ini bukan postingan media sosial pertama dari luar angkasa. Banyak astronaut yang menggunakan media sosial seperti Twitter untuk menceritakan pengalaman mereka di luar angkasa secara real-time.

[Gambas:Youtube]

(vmp/fay)