Nanti Sore, Yuk Ngabuburit Bahas Puasa Terlama dan Tersingkat di Dunia

ADVERTISEMENT

Eureka!

Nanti Sore, Yuk Ngabuburit Bahas Puasa Terlama dan Tersingkat di Dunia

Tim - detikInet
Senin, 18 Apr 2022 07:15 WIB
Eureka
Foto: detikcom
Jakarta -

Puasa yang dijalani umat Muslim berbeda-beda durasinya bergantung posisi geografis, musim dan Matahari. Eureka! edisi kali ini akan membahasnya lewat tema 'Puasa di ujung Bumi Utara & Selatan'.

Mengapa durasi puasa bisa berbeda-beda antar negara, ini karena adanya revolusi Bumi terhadap Matahari yang membuat wilayah utara dan selatan Bumi mengalami 4 musim secara berkebalikan.

Durasi siang di musim panas jauh lebih lama dari durasi siang di musim dingin. Jika di Bumi utara musim panas, maka di Bumi selatan musim dingin, dan sebaliknya. Sementara yang tinggal di khatulistiwa relatif mendapatkan durasi Matahari yang stabil.

Di Norwegia, puasa bisa menjadi sangat lama karena adanya midnight sun. Dilansir dari Norway Travel Guide, midnight sun adalah fenomena alam yang terjadi di utara Lingkaran Arktik dan selatan Lingkaran Antartika. Karena kemiringan sumbu Bumi yang cukup besar, maka Matahari tidak terbenam selama jangka waktu tertentu di area ini.

Sementara itu, untuk puasa tersingkat, ada di Bumi bagian Selatan. Di antaranya Australia (12-13 jam), Chile (11-12) dan Selandia Baru (11-12 jam).

Eureka! akan menghadirkan narasumber Imran Aryan Kamil dari University of Tasmania dan Genesia Wahyu Saputro dari Norwegian University of Science and Technology. Keduanya adalah mahasiswa jurusan ilmu sains di kampus mereka masing-masing. Selain membahas puasa di wilayah geografis mereka, detikers berkesempatan untuk bertanya soal universitas tempat Imran dan Gene menempuh ilmu.

Yuk, saksikan 'Eureka!: Puasa di ujung Bumi Utara & Selatan', Senin (18/4/2022), pukul 16.00 WIB di YouTube detikcom, Facebook detikcom atau di site detikINET. Sudah ada pertanyaan untuk disampaikan ke narasumber? Tulis di kolom komentar ya.



Simak Video "Cara Menentukan Waktu Tarawih di Kutub Utara dan Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT