Apa Isi Area 51 yang Digadang Jadi Markasnya Alien

ADVERTISEMENT

Apa Isi Area 51 yang Digadang Jadi Markasnya Alien

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 14 Apr 2022 09:45 WIB
Storm Area 51
Ketatnya penjagaan di Area 51. Foto: AP
Jakarta -

Terletak di Groom Lake di tengah gurun tandus di selatan Nevada, Area 51 menjadi wilayah paling sering dicurigai pecinta teori konspirasi alien. Sebenarnya, Area 51 adalah instalasi Angkatan Udara AS, namun terkenal karena koneksi spekulasi dengan benda terbang tak dikenal (UFO).

Teori konspirasi seputar pangkalan percaya bahwa area ini digunakan untuk pengujian teknologi alien yang ditemukan dari 'lokasi kecelakaan alien' di Bumi -- mirip seperti yang terkenal di Roswell, New Mexico. Akibatnya, informasi instalasi militer ini menjadi makin dicari oleh netizen.

Tapi sebenarnya, apa yang ada di dalam Area 51? Melansir Space, berikut penjelasan misterius Area 51 yang dikutip detikINET dari berbagai sumber:

1. Lokasi Area 51

Area 51 terletak 200 kilometer dari barat laut Las Vegas, dekat kota kecil Rachel dan Hiko. Area ini didirikan pada tahun 1955 sebagai bagian dari kompleks Nevada Test and Training Range dan juga diberi nama 'Paradise Ranch'.

Saat ini, pangkalan dan kompleks Nevada Test and Training Range adalah bagian dari Situs Keamanan Nasional Nevada (NNSS), dengan CIA menyebutnya sebagai Groom Lake dan Homey Airport. Meskipun citra satelit dari situs tersebut telah dibatasi, mulai 2018 pangkalan tersebut sudah bisa terlihat di Google Maps.

2. Luas dan isi Area 51

Benjamin Radford adalah seorang folklorist Amerika, penulis, penyelidik dan skeptis Area 51. Orang yang aktif meneliti soal Area 51 ini memberikan sejumlah pendapatnya kepada Space.

"Pangkalan itu sendiri cukup kecil, tetapi area terlarang di sekitarnya lebih dari 90.000 acre (36.000 hektar) -- sebagian untuk mencegah pengintaian dan sebagian karena mereka perlu menguji pesawat rahasia," kata Radford.

"Kebanyakan teori konspirasi dan media menyebutnya Area 51. Bagi pemerintah AS, itu hanyalah Nevada Test and Training Range, bagian dari Pangkalan Angkatan Udara Edwards," lanjutnya.

Militer mengklasifikasikan Area 51 sebagai 'Area Operasi Militer.' Di depan, akan ada pemandangan rambu-rambu dan penjaga bersenjata yang berpatroli di sekeliling berpagar yang dijaga oleh sensor gerak, kamera dan sebagainya. Perbatasan Area 51 tidak dipagari tetapi ditandai dengan tiang oranye dan tanda peringatan.

Tanda-tanda tersebut memberi tahu pengunjung bahwa foto tidak diperbolehkan dan bahwa pelanggaran di properti akan dikenakan denda.

3. Kemungkinan penjelasan penampakan 'UFO'

Pengujian pesawat militer baru dan rahasia kemungkinan besar bertanggung jawab atas penampakan UFO. Hal ini juga dibenarkan oleh Radford yang mengatakan kadang pesawat dan lampu-lampu terlihat aneh atau tidak biasa.

"Tidak ada alasan untuk berpikir bahwa apapun yang berhubungan dengan UFO sedang terjadi (di Area 51)," tandas Radford.



Simak Video "Dokter Ahli Pencernaan Bicara Efek ke Perut saat 'Yoga Alien' Nauli Kriya"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT