Putri Duyung Sebenarnya Ada di Dunia Nyata

ADVERTISEMENT

Putri Duyung Sebenarnya Ada di Dunia Nyata

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 22 Mar 2022 19:20 WIB
Jakarta Aquarium Safari gelar pertunjukkan mermaid dalam rangka memperingati Hari Kartini. Kehadiran para putri duyung itu berhasil menarik perhatian pengunjung
Putri Duyung di Dunia Nyata Sebenarnya adalah... (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Siapa yang masih bertanya-tanya atau mungkin berharap bahwa putri duyung adalah makhluk yang benar-benar ada, acung jari! Tak mengherankan, sejak kecil, kita sudah terbiasa mendengar soal putri duyung. Faktanya, mitologi soal putri duyung bisa dibilang bukan hanya legenda milik orang Indonesia, di beberapa belahan dunia punya cerita mereka tersendiri tentang makhluk ini.

Lalu seperti apa fakta ilmiah terkait putri duyung. Siapakah putri duyung berdasarkan ilmu biologi? Prof Dr Ir Ibnu Maryanto, Profesor di Pusat Penelitian LIPI-BRIN menjelaskan di live 'Eureka!: Makhluk Mitologi Indonesia', Senin (21/3/2022). Menurut penjelasan Prof Ibnu, makhluk mitologi cenderung berasal dari mahkluk yang dijadikan simbol akan suatu makna yang ingin disampaikan.

"Putri adalah seorang sosok wanita dan duyung adalah binatang. Seorang putri itu sebenarnya adalah seorang ibu, putri adalah penjaga regenerasi. Tanpa ibu, regenerasi kan tidak mungkin ada," jelasnya.

DugongDugong, wujud sesungguhnya dari putri duyung (Foto: Dok. NAM Air)

Prof Ibnu mengatakan makhluk mitologi putri duyung sebenarnya ada di dunia nyata. Dalam dunia ilmiah putri duyung adalah hewan Dugong yang nama latinnya adalah Dugong dugon, yang kemudian diberikan mitologi terkait seorang putri yang sebenarnya mengandung nilai cerita kelestarian alam.

"Duyung adalah hewan yang megaherbivora. Nah, Dugong dugon sebagai hewan megaherbivora yang ada di laut, jadi distribusinya ada di seluruh dunia. Dugong dugon disebut megaherbivora karena bisa memakan tumbuhan air yang jumlahnya dalam satu hari, per ekornya, bisa menghabiskan 30 kg daun-daunan," sambung Prof Ibnu.

Masih kata Prof Ibnu, hewan yang kerap menjadi makhluk mitologi adalah mereka yang termasuk kategori megaherbivora - di darat contohnya gajah - dan top predator seperti singa dan elang.

Mengapa harus megaherbivora, itu dikarenakan perannya yang sangat penting di alam. Ketika tidak ada megaherbivora, tanaman bisa mengalami invasi atau perkembangbiakan yang sangat cepat. Akibatnya, daratan atau lautan akan di dominasi oleh satu jenis biota sehingga bisa mengganggu kehidupan binatang-binatang lain.

Dengan begitu, mitologi soal putri duyung menurut dia adalah bagian untuk ajakan menjaga dan melestarikan Dugong karena kehadirannya sangat dibutuhkan. Wah, sekarang sudah tahu kan kalau putri duyung di dunia nyata adalah Dugong, detikers?



Simak Video "Nikita Fima, Wujud Putri Duyung di Dunia Nyata"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT