Legenda Orang Bati, Manusia Setengah Kelelawar yang Misterius

ADVERTISEMENT

Legenda Orang Bati, Manusia Setengah Kelelawar yang Misterius

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 22 Mar 2022 14:15 WIB
Legenda Orang Bati, Manusia Setengah Kelelawar yang Misterius
Legenda Orang Bati, Manusia Setengah Kelelawar yang Misterius. Foto: via Boombastis
Jakarta -

Di luar negeri, kita sering mendengar superhero yang memiliki kemampuan terbang. Nah di Indonesia, Suku Bati yang datang dari dari Pulau Seram, Maluku, memiliki kepercayaan bahwa ada manusia terbang di sana dengan sayap lebar dan setinggi manusia.

Benarkah ada makhluk mitologi manusia terbang dari Suku Bati? detikINET sempat membahasnya bersama Prof Dr Ir Ibnu Maryanto, Profesor di Pusat Penelitian LIPI-BRIN, di live 'Eureka!: Makhluk Mitologi Indonesia', Senin (21/3/2022).

"Karena itu dengarnya selalu di malam hari dengan suara kepokan 'pok pok pok!' itu, dia menganggap manusia terbang itu bisa mengambil anak mereka atau membuat anak mereka menjadi sakit. Tapi sebenarnya, secara ilmiah, makhluk itu adalah kelelawar yang terbang di malam hari," ucapnya.

Di malam hari, kelelawar mencari makan. Kelelawar yang tinggi besar seperti manusia itu adalah kelelawar yang biasanya memakan buah dan bunga. Kelelawarnya memiliki nama Pteropus hypomelanus dan Pteropus chrysoproctus yang memang ada di Pulau Seram.

Kelewar ini memiliki panjang sayap yang bisa mencapai 1,5 meter, selebar rentang tangan manusia dewasa. Karena itulah, ketika ia makan sembari mengepakkan sayap, terkadang orang tidak bisa melihatnya dengan jelas karena ia biasa keluar di malam hari dan menimbulkan kesalahpahaman bagi mereka yang tidak mengenal spesies kelelawar tersebut.

"Itu lah yang membuat orang menganggap ada manusia terbang, padahal manusia terbang itu adalah kelelawar," tutup Prof Ibnu.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Makhluk Mitologi Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT