Heboh Hujan Salju Turun di Malaysia, di Sebelah Mana?

Heboh Hujan Salju Turun di Malaysia, di Sebelah Mana?

ADVERTISEMENT

Heboh Hujan Salju Turun di Malaysia, di Sebelah Mana?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 02 Mar 2022 10:19 WIB
Gunung Kinabalu
Gunung Kinabalu (Foto: Endah Kurnia WIrawati/d'Traveler)
Jakarta -

Malaysia dikejutkan dengan kejadian turunnya hujan salju. Peristiwa tersebut bikin gempar di media sosial (medsos) Negeri Jiran itu.

Fenomena itu terjadi di puncak Gunung Kinabalu, Sabah, Malaysia. Seorang yang tengah mendaki gunung tertinggi di Borneo itu merekam serpihan salju berjatuhan dari langit.

Dikutip dari Mashable, Rabu (2/3/2022) akun pengguna Facebook bernama Mountain Torq memperlihatkan hujan salju di Gunung Kinabalu.

"Salju turun! Salju turun! Salju turun di Kinabalu," kata pria tersebut.

Dari video viral itu, hujan turun berada di Sayat-Sayat Hut, pos pendakian yang terletak di arah puncak gunung, sekitar 3.600 meter di atas permukaan laut.

Akun Facebook Wandy John juga memperlihatkan hujan salju menghiasi puncak Gunung Kinabalu. Betapa senangnya ia melihat fenomena yang jarang terjadi di hadapannya, mengingat lokasi Kinabalu di Malaysia yang merupakan daerah tropis.

Menurut Direktur Jenderal Departemen Meteorologi Malaysia (MetMalaysia), Muhammad Helmi Abdullah mengatakan, kejadian turunnya salju di Gunung Kinabalu, mungkin saja terjadi. Namun ada kondisi yang menjadi syaratnya.

Asalkan ada kelembapan yang cukup, kata dia, hujan salju dapat terjadi setiap kali suhu udara turun hingga nol derajat celcius atau malah sampai minus.

"Biasanya yang terjadi adalah kita melihat embun beku, yang mana ini merupakan selimut dari serpihan es di permukaan bumi, biasanya di bebatuan yang dingin. Tapi terkadang, salju juga bisa terjadi saat suhu dingin di bawah titik beku dan kelembapan cukup," tuturnya.

"Cuaca di bawah nol atau saat angin kencang, dapat berkontribusi pembentukan salju, sebuah fenomena yang jarang kita lihat, tetapi bisa terjadi," pungksanya.

Simak juga 'Diguyur Hujan Salju, Ratusan Orang Terdampar di Bandara Istanbul':

[Gambas:Video 20detik]



(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT