Lubang Terdalam di Bumi yang Ada di Rusia, Sampai 12 Km!

Lubang Terdalam di Bumi yang Ada di Rusia, Sampai 12 Km!

ADVERTISEMENT

Lubang Terdalam di Bumi yang Ada di Rusia, Sampai 12 Km!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 01 Mar 2022 12:15 WIB
Lubang terdalam dunia di Rusia.
Lubang Terdalam di Bumi yang Ada di Rusia, Sampai 12 km! Foto: (pechenga.ru)
Jakarta -

Pada akhir 1950-an, tim ilmuwan Amerika dan Soviet mulai melakukan eksperimen untuk menembus kerak bumi. Cangkang Bumi diketahui dilanjut dengan jalan ke mantel, yang membentuk 40% massa planet ini.

Pada tahun 1958, AS memimpin dengan Project Mohole. Namun, pendanaan dihentikan, Amerika Serikat tidak pernah berhasil mencapai mantel Bumi. Namun, Soviet mengambil alih proyek ini. Jadilah lubang Kola, menjadi lubang terdalam yang pernah ada di Bumi.

Tim penelitian melakukan penggalian di Pechengsky District, Kola Peninsula, Rusia. Tujuannya simpel, mereka ingin menggali sedalam mungkin. Pada 6 Juni 1979, lubang galian Kola mencapai 39 ribu kaki atau 11,8 km, hampir 12 km.

Setelah berhasil mencapai rekor ini, penggalian sempat dihentikan. Kola menjadi tempat wisata para turis dan semakin populer, sebagaimana melansir The Delite.

Akhirnya, eksperimen ini dilakukan lagi, kemudian sempat ditutup karena masalah teknis, dan dilanjut kembali dan mencapai 12,2 km. Tetapi, belum mencapai mantel, ada masalah yang hadir dan membuat tim membatalkan penggalian lebih lanjut.

Lubang terdalam duniaLubang terdalam dunia. Foto: istimewa

Pada 10.000 kaki (3 km) pertama, suhu berada dalam parameter yang diharapkan, tetapi secara bertahap mengalami peningkatan panas. Setelah titik itu, panas mulai meningkat pada tingkat yang jauh lebih cepat. Saat mereka mendekati tujuan mereka, lubang itu memanas hingga 180 derajat celcius. Ini 80 derajat lebih panas dari yang diperkirakan.

Ditemukan juga bahwa batu di kedalaman ini juga kurang padat. Batuan yang 'lebih rapuh' dan suhu yang lebih tinggi menyebabkan reaksi aneh di dalam kerak bumi. Mengetahui bahwa peralatan mereka tidak akan bertahan lama dalam kondisi seperti ini, tim Kola meninggalkan proyek tersebut. Ini terjadi pada tahun 1922, 22 tahun setelah pengeboran dimulai.

Walaupun pengeboran terpaksa dihentikan, para ilmuwan menemukan fakta menarik tentang apa yang disebut Kola Superdeep Borehole. Fosil kecil tumbuhan laut ditemukan empat mil di dalam Bumi. Sangat mengesankan bagaimana fosil berhasil tetap utuh, terutama dengan batu yang diperkirakan berusia lebih dari dua miliar tahun.

Pada akhirnya, penutupan Kola Superdeep Borehole bertepatan dengan jatuhnya Uni Soviet. Pada tahun 1995, proyek tersebut ditutup secara permanen. Sejak lubang bor dibuat, rekornya belum terkalahkan, Kola tetap menjadi lubang terdalam di Bumi.



Simak Video "Detik-detik Rudal Rusia Hantam Dnipro Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT