Teknik untuk Fotografi Hantu, Siapa Mau Coba?

Teknik untuk Fotografi Hantu, Siapa Mau Coba?

ADVERTISEMENT

Eureka!

Teknik untuk Fotografi Hantu, Siapa Mau Coba?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 22 Feb 2022 16:10 WIB
Jakarta -

Pernah tanpa sengaja menangkap foto makhluk halus atau foto hantu? Ternyata, ada komunitas yang meneliti tentang bagaimana cara memotret hantu.

Ayo berkenalan dengan Mickey Oxcygentri, Founder Ghost Photography Community (GPC) dan Dosen Fotografi di Universitas Singaperbangsa Karawang. Komunitas yang ia bangun ini pun ternyata memiliki sejarah yang menarik.

Semua dilatarbelakangi pengalaman melihat penampakan ketika ia dan istri sedang pulang dari Sukabumi sekitar pukul 02.00 WIB dini hari. Mickey menceritakan kepada detikINET bahwa kondisi tubuhnya saat itu sudah sangat lelah dan mengantuk.

"Sebelum pulang itu disugesti teman aku katanya 'Bang, hati-hati kalau lewat situ harus fokus ya', aku tersugestilah itu. Ketika pulang berdua di dalam mobil, tepat di tikungan itu saya melihat sosok yang tidak lazim mirip zombie," kata Mickey.

Herannya, ketika melihat dari spion, Mickey tidak dapat melihat makhluk itu, namun ketika ia menoleh ia masih bisa menyaksikan sosok tersebut. Sang istri pun ternyata juga melihatnya. Saat diceritakan ke teman-temannya, banyak yang meragukan kisah Mickey.

"Aku ingin mencari bukti, bisa nggak sih dengan sebuah foto?" ucapnya.

Dari sana, Mickey mulai penasaran untuk meneliti dan menemukan cara mendapatkan foto hantu. Lalu, bagaimana teknik fotografi menurut pakemnya GPC?

"Untuk standarnya, yang pasti untuk keamanan kita saat masuk lokasi hunting harus berdua. Kenapa? Agar otak kita terjaga dengan adanya komunikasi (dengan teman-red). Ketika melihat sesuatu yang aneh atau lazim, itu harus disebutkan atau kita tunjuk. Misalnya kita lihat sebelah atas pohon, itu wajib kita tunjuk untuk menjaga kesadaran manusia. Kalau di commuter line, kita lihat masinis nunjuk-nunjuk, itu juga untuk menjaga kesadaran," jelas Mickey.

Selanjutnya, sebisa mungkin mengajak teman yang penakut tapi penasaran. Ini dikarenakan orang yang penakut gampang tersugesti, jika seseorang yang mudah tersugesti itu tertanam pikiran tentang 'Kuntilanak', maka bisa semakin besar kemungkinan mendapatkan keberadaan hantu tersebut.

Jadi bagaimana, detikers? Apakah tertarik untuk mulai fotografi hantu?

(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT