KABEL NYYHY: Pengertian, Fungsi dan Spesifikasi yang Wajib Kamu Tahu!

KABEL NYYHY: Pengertian, Fungsi dan Spesifikasi yang Wajib Kamu Tahu!

Sponsored - detikInet
Jumat, 18 Feb 2022 23:28 WIB
adv
Jakarta -

Mendapatkan peralatan elektronik di dalam kehidupan sehari-hari merupakan salah satu hal yang sering kita lakukan untuk mengakomodir berbagai kebutuhan kehidupan. Tanpa dengan adanya alat elektronik dan arus listrik, tentunya kita tidak bisa memasangkan genset air PAM, menginstalasi kompor, komputer, dan beberapa keperluan dasar lainnya. Maka, dari situlah, kehadiran kabel listrik sebagai perabotan utama menjadi hal penting di dalam took ataupun marketplace.

Seringkali kabel yang dicari oleh masyarakat umum adalah kabel NYYHY. Kabel ini pada dasarnya kabel yang sangat lumrah untuk diinstalasi sebagai rangkaian listrik di bangunan, rumah, perkantoran dan lain-lainnya. Selain itu, kabel ini merupakan salah satu produk yang praktis karena bisa dipindah-pindahkan baik di tempat yang lembab maupun kering.

Namun, sebelum lanjut ke sana, apakah anda tahu pengertian dari kabel NYYHY itu sendiri?

Pengertian Kabel NYYHY

Pengertian dari kabel NYYHY ini pada dasarnya adalah merupakan singkatan dari nama-nama tembaga listrik di dalamnya. Istilah yang tertera tersebut dibagi di setiap alphabet yang tersedia yakni:

N = Kabel Inti Tembaga

Y = Isolasi PVC

Y = Isolasi PVC

H = Kabel fleksibel (serabut)

Y = Selubung luar isolasi PVC

Secara sederhana, Kabel NYYHY ini artinya kabel dengan inti tembaganya lebih dari satu dan tipe tembaga tersebut adalah serabut, sehingga tidak mudah patah karena fleksibel. Daya watt yang dihasilkan 450 V/750 V. Untuk diameternya sendiri, memiliki ukuran 1.5 mm.

Fungsi Kabel NYYHY dan Spesifikasinya

Bila bicara soal fungsi, kabel NYYHY ini sangat berguna untuk keperluan bangunan, terutama untuk kebutuhan rumah tangga. Kabel ini bisa diinstalasi untuk mesin cuci, genset air PAM, kompor listrik, ruangan ber-AC. Karena kepraktisan dari kabel ini yakni bisa dipindah-pindahkan, kabel ini menjadi rekomendasi bagi para keluarga yang ingin membangun rumah yang ideal.

Selain untuk kebutuhan rumah tangga, kabel ini juga berfungsi untuk kebutuhan bangunan seperti perkantoran untuk mengkoneksikan ruangan domain internet yang membutuhkan AC yang dingin sekaligus untuk instalasi router hostingnya, tentunya juga bisa dipindah-pindahkan ke berbagai tempat juga. Karena fleksibilitasnya, seringkali bisa digunakan untuk kabel bawah tanah karena kualitasnya bisa bertahan di kondisi yang lembab dan berair.

(Tagsite/kebelnyyhy)