Apa itu Iklan, Ciri-Ciri Iklan, Beserta Contohnya

Apa itu Iklan, Ciri-Ciri Iklan, Beserta Contohnya

Sponsored - detikInet
Senin, 14 Feb 2022 16:00 WIB
adv
Jakarta -

Pemasaran bisnis tak akan jauh-jauh dari yang namanya iklan. Para bisnis owner bahkan rela menyediakan anggaran khusus untuk memasang iklan berbayar demi memajukan usahanya. Lalu apa itu iklan?

Singkatnya iklan adalah sebuah pesan untuk memancing ketertarikan masyarakat agar bersedia membeli suatu produk atau menjajal sebuah jasa. Jadi iklan dapat dibilang suatu sarana komunikasi sebagai penghubung antara produk atau layanan dengan (calon) user.

Agar sukses meraih tujuannya, yaitu menjangkau calon konsumen agar berkenan membeli suatu produk atau jasa, iklan harus menggunakan gaya bahasa persuasif. Ini artinya kata-kata dalam iklan harus mampu membujuk, mengajak, dan meyakinkan masyarakat.

Ciri-Ciri Iklan

Untuk membedakannya dari teks atau tayangan biasa, iklan mempunyai karakteristik tersendiri yang dapat kita kenali. Sebagaimana dikutip dari Daridesignstudio.com, inilah ciri-ciri iklan.

Informatif

Mustahil orang membuat iklan tanpa tujuan mengingat publikasi iklan membutuhkan biaya yang cukup besar. Umumnya dalam kampanye iklan pembuat iklan atau pemilik bisnis akan menginformasikan tentang penawaran produk atau jasa tertentu.

Agar tayangan iklannya lebih menarik perhatian, yang bersangkutan membagikan pesan iklan dengan cara-cara yang unik sehingga audiens lebih memahami maksudnya.

Jelas dan Lugas

Iklan yang baik seharusnya mempunyai maksud yang jelas sekaligus mampu tampil dalam konsep yang menarik. Maksud yang kurang tersampaikan justru membuat publikasi iklan tidak berguna karena publik tak mampu menangkap informasi yang termuat di dalamnya.

Secara etika iklan sebaiknya tidak mengandung materi berupa sindiran atau sesuatu yang menyinggung pihak lain. Karakter iklan yang benar adalah singkat, jujur, menarik, dan obyektif.

Gampang dimengerti

Iklan seharusnya ditampilkan dalam bahasa yang gampang dipahami terutama oleh pemirsa yang menjadi target konsumen. Inilah alasannya iklan umumnya bersifat regional atau nasional, alih-alih global.

Buktinya kita hampir tak pernah menemukan iklan buatan suatu negara yang ditayangkan di negara lain tanpa dialihbahasakan.

Tentu saja kendala bahasa otomatis menjadi penyebab pemirsa sulit atau bahkan tak dapat memahami pesan dalam iklan sehingga menganggapnya tontonan semata.

Dikemas dengan menarik

Iklan perlu dikemas semenarik mungkin dalam rangka membujuk audiens agar bersedia mencoba produk atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut. Sangat penting untuk menayangkan iklan yang mudah diingat karena setiap hari setiap orang dibanjiri dengan tayangan beraneka jenis publikasi penawaran produk.

Iklan yang dapat menggugah perhatian publik biasanya adalah iklan yang kreatif, misalnya yang mempunyai alur cerita menarik seperti film pendek.

Kampanye iklan yang mengesankan bisa membangkitkan rasa penasaran masyarakat untuk mencoba sesuatu yang ditawarkan.

Persuasif

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, publikasi iklan harus mengandung unsur persuasif atau mengajak pemirsa baik secara terus terang maupun tersirat.

Contoh-Contoh Iklan

Berikut adalah contoh-contoh iklan yang sering kita temui dalam keseharian baik di media cetak maupun elektronik.

Iklan Komersial

Iklan komersial adalah yang paling sering kita lihat dibandingkan berbagai jenis iklan lainnya di media cetak. Secara umum tujuan iklan komersial adalah memasarkan suatu produk atau layanan.

Iklan Baris

Sesuai namanya iklan baris merupakan iklan singkat (pendek) yang terdiri dari maksimal 3-4 baris baris saja, tidak lebih dari satu kolom. Isinya biasanya mengenai penawaran barang atau jasa.

Iklan Kolom

Dinamakan iklan kolom karena pemuatannya pada beberapa bagian kolom halaman baik di media cetak maupun website.

Iklan Display

Iklan display sering kita jumpai secara online di berbagai website dan media sosial. publikasi dalam format visual ini kerap tampil dalam bentuk poster promosi produk atau jasa.

Setelah membaca informasi di atas Anda tentu sudah memahami apa itu iklan, dan manfaatnya bagi bisnis. Memasang iklan berbayar baik di media cetak maupun elektronik bisa jadi langkah terbaik agar kampanye Anda dapat menjangkau calon konsumen tertarget.

Walaupun Anda perlu menyediakan budget yang biasanya cukup besar, namun akan sepadan jika memang mampu meningkatkan penjualan secara signifikan, bukan?

(Tagsite/daridesignstudio)