10 Hewan Paling Pintar di Dunia

10 Hewan Paling Pintar di Dunia

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 14 Feb 2022 12:55 WIB
Animal head
Foto: Getty Images/iStockphoto/Tunatura
Jakarta -

Penelitian membuktikan, beberapa hewan ternyata jauh lebih pintar dari yang disadari kebanyakan orang. Hal ini misalnya diperlihatkan dari kemampuan dari primata dan burung yang mampu mengoperasikan alat, atau mamalia yang menunjukkan kemampuan kognitif tingkat lanjut.

Bahkan, serangga kecil pun dapat memecahkan masalah yang rumit dengan cara bekerja sama. Setidaknya, ada 10 hewan paling pintar di dunia berdasarkan penelitian, seperti dikutip dari Treehugger.

1. Gagak

Gagak lebih dari sekadar burung berwarna hitam. Mereka juga merupakan hewan yang sangat pandai yang dikenal dapat menyelesaikan banyak tugas. Peneliti dari Kanada dan Skotlandia menunjukkan bahwa gagak menggunakan logika untuk memahami lingkungannya dengan cara yang mungkin melebihi kemampuan hewan kera besar.

Para peneliti memberi tantangan pada gagak dengan cara memberikan makanan yang hanya bisa diambil dengan menyelesaikan serangkaian tugas rumit terlebih dahulu. Tanpa diduga, gagak menemukan cara mengambil makanan sendiri tanpa bantuan dari para peneliti.

2. Lumba-lumba

Lumba-lumba sudah dibuktikan sebagai sebagai hewan cerdas. Mereka dapat mengenali diri mereka sendiri di cermin hingga berkomunikasi satu sama lain.

Otak besar lumba-lumba terstruktur untuk kesadaran dan emosi. Otak mereka bahkan lebih kompleks secara struktural dibandingkan manusia.

Menurut ahli lumba-lumba di Emory University Lori Marino, lumba-lumba memiliki otak yang lebih besar daripada hewan lain namun itu sesuai dengan ukuran tubuh mereka. Hanya manusia yang memiliki otak yang lebih besar.

3. Tikus

Tikus punya reputasi buruk karena dianggap menjijikkan dan sering disebut hewan penyebar penyakit. Namun ternyata, tikus termasuk hewan cerdas. Tikus yang dipelihara dengan baik bahkan dapat dilatih seperti anjing, seperti cara mengambil makanan atau berguling.

Kemampuan tikus untuk memecahkan masalah juga telah dibuktikan oleh banyak penelitian ilmiah, misalnya menyelesaikan misi menelusuri labirin dengan diberi hadiah makanan. Hal ini juga menyiratkan bahwa ada berbagai kecerdasan di antara hewan pengerat.

4. Babi

Para peneliti telah menemukan bahwa babi dapat menggunakan cermin untuk menemukan makanan mereka dan akan mencoba menipu babi lain, sehingga mereka mendapatkan lebih banyak makanan.

Babi juga bisa belajar dengan cepat, dan dapat melakukan berbagai trik mulai dari melompati lingkaran hingga bisa bermain video game dengan joystick.

5. Bonobo

Saudara dekat dari simpanse ini juga populer sebagai hewan cerdas. Sayangnya, bonobo saat ini terancam punah sehingga hanya dapat ditemukan di Afrika Tengah. Seperti kera besar lainnya, bonobo dapat belajar menggunakan bahasa isyarat dan simbol.

Dalam sebuah studi, peneliti mengajari seekor bonobo bernama Kanzi tentang cara berkomunikasi menggunakan leksigram di papan ketik, kera tersebut bisa belajar sendiri beberapa bahasa isyarat dasar hanya dengan menonton video gorila bernama Koko.

Selain itu, Kanzi bisa memasak makanannya sendiri dan bahkan mengungguli manusia usia balita selama mempelajari kemampuan kognitif ketika baru berusia delapan tahun.

Selanjutnya: Bebek hingga Tupai