Obyek Misterius di Antariksa Ini Bikin Takut Ilmuwan

Obyek Misterius di Antariksa Ini Bikin Takut Ilmuwan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 27 Jan 2022 13:51 WIB
Obyek misterius
Ilustrasi obyek misterius yang terlacak astronom di antariksa. Foto: CTV News
Jakarta -

Banyak sekali misteri di luar angkasa yang belum teridentifikasi oleh ilmu pengetahuan. Terbaru, astronom menemukan obyek misterius yang belum pernah ditemukan atau terlihat sebelumnya di antariksa.

Seperti dikutip detikINET dari CTV News, Kamis (27/1/2022) tim ilmuwan yang memetakan gelombang radio di alam semesta, mendeteksi obyek itu, yang terpantau melepaskan pancaran energi besar sebanyak 3 kali dalam 1 jam. Obyek ini juga tampak timbul tenggelam.

Temuan tersebut telah dipublikasikan di jurnal Nature. Walau pun belum diketahui dengan pasti obyek apa itu, astronom meyakini kemungkinannya adalah antara bintang neutron atau bintang katai putih, bintang yang intinya kolaps dengan medan magnet kuat.

"Obyek ini tampak muncul dan hilang dalam beberapa jam saat kami melakukan observasi. Hal itu benar-benar mengejutkan dan cukup menakutkan bagi astronom karena tidak ada obyek di antariksa yang seperti itu," kata Natasha Hurley Walker, salah satu periset.

"Dan juga obyek misterius tersebut letaknya benar-benar dekat dengan kita, sekitar 4.000 tahun cahaya jauhnya. Ibaratnya seperti di halaman belakang galaksi kita," tambah dia.

Obyek yang timbul tenggelam di antariksa bukan hal baru dalam sains, namun bedanya obyek ini melakukannya dalam waktu singkat.

Benda misterius ini sangat terang, lebih kecil dari Matahari, dan memancarkan gelombang radio yang menandakan medan magnetnya sangat kuat. Saat ini, para astronom itu terus mengamatinya dengan teleskop Murchison Widefield Array (MWA) yang berada di Australia.

"Saya sempat cemas bahwa obyek misterius ini adalah alien, akan tetapi ia berada di frekuensi yang sangat luas dan artinya prosesnya adalah alami, ini bukan sinyal buatan," tambah Hurley Walker.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Mengenal Fenomena Ekuiluks yang Terjadi di Indonesia Sebulan ke Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)