Negara-negara yang Meneliti Mars, Indonesia Termasuk?

Eureka!

Negara-negara yang Meneliti Mars, Indonesia Termasuk?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 26 Jan 2022 07:45 WIB
Jelajah Planet Mars
Negara-negara yang Meneliti Mars, Indonesia Termasuk? Foto: Ilustrasi: Suteja Angkasa
Jakarta -

Eksplorasi ruang angkasa terus dilakukan secara besar-besar oleh negara-negara di berbagai belahan dunia. Khususnya, Amerika Serikat yang sering mengirimkan misi untuk menjelajah planet tetangga semisal Mars.

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya nih detikers, apakah Indonesia sudah melakukan misi pengamatan ke planet-planet lain seperti Mars? Pertanyaan ini sudah terjawab nih detikers, melalui perwakilan penanya dengan username danz_oetama di Eureka! edisi Perdana 'Indonesia Berburu Exoplanet dan Alien', Senin (24/1/2022).

Pertanyaannya: negara mana saja yang sudah meneliti Mars?

"Indonesia belum, tapi yang mengirimkan wahana ke Planet Mars sudah banyak," terang Prof Dr Thomas Djamaluddin, ilmuwan atronomi-astrofisika yang pernah menjabat sebagai Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Jamal mengatakan bahwa dulu pada tahun 1980-an, baru Amerika Serikat dan Uni Soviet. Tapi kemudian sekarang berkembang, negara-negara Eropa sudah mulai melakukan misi mengeksplorasi Planet Merah tersebut walaupun belum sampai mendarat.

"Ada tiga negara Amerika, kemudian RRT dan Uni Emirate Arab yang terkait dengan wahana robotik, jadi tanpa awak. India juga melakukan, tetapi belum sampai ke Planet Mars," jabar Djamal.

Lebih lanjut, Djamal menjelaskan mengapa Indonesia belum melakukan misi meneliti Mars. Sebab, prioritas dari Indonesia masih prioritas pemanfaatan antariksa untuk pengamatan Bumi.

Terlebih, eksplorasi antariksa memakan biaya yang cukup tinggi. Karenanya, Indonesia masih menentukan prioritas utamanya untuk meneliti Bumi yang menjadi tempat manusia berhuni.



Simak Video "Eureka!: Indonesia Berburu Exoplanet dan Alien"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)