Terungkap, Fakta di Balik Tengkorak Manusia Berwujud Aneh

Terungkap, Fakta di Balik Tengkorak Manusia Berwujud Aneh

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 24 Jan 2022 12:45 WIB
Tengkorak aneh Peru
Tengkorak panjang yang ditemukan di Peru. Foto: Museum of Oestology
Jakarta -

Tengkorak yang ditemukan di Peru ini disebut beberapa pihak mirip alien, lantaran bentuknya yang memanjang, tidak seperti tengkorak manusia biasa. Setelah dilakukan penelitian, terungkap fakta lain di baliknya.

Seperti dikutip detikINET dari Unilad, tengkorak berusia sekitar 2.000 tahun itu diyakini pada masa hidupnya adalah seorang prajurit Peru. Riset menyatakan bahwa pria ini telah menjalani proses operasi di kepalanya.

Operasi yang cukup maju ini kemungkinan adalah salah satu yang pertama di dunia, membuktikan bahwa orang di zaman dahulu mampu melakukannya.

Diyakini sang prajurit terluka cukup parah dalam suatu pertempuran, kemudian menjalani operasi dalam rangka memasang metal untuk memperbaiki tengkoraknya yang retak.

"Ini adalah tengkorak memanjang dari Peru dengan metal diimplan melalui operasi setelah dia kembali dari peperangan pada sekitar 2000 tahun silam," kata juru bicara Museum of Osteologyn di Oklahoma yang menyimpan tengkorak tersebut.

"Kami tahu dia berhasil bertahan hidup setelah operasi tersebut. Berdasarkan kondisi tulang tengkorak yang rusak, bisa terlihat bahwa tengkorak itu dipadukan dengan erat. Operasi itu berhasil," tambah dia.

Pakar operasi Peru pada zaman itu diyakini telah menemukan beragam prosedur operasi yang maju untuk merawat tengkorak yang terluka. Saat itu, kepala prajurit memang rentan terluka karena persenjataan yang digunakan, misalnya ketapel.

Di sisi lain, memang cukup sering ditemukan tengkorak dengan bentuk memanjang semacam ini di Peru. Jadi tengkoraknya menjadi seperti itu bukan karena operasi, tapi karena praktik lain yang dilakukan sebelumnya.

Orang-orang kuno di wilayah yang kini bernama Peru, disebut memiliki sejarah panjang menggunakan teknik pengikatan kepala. Budaya ini membentuk tengkorak manusia menjadi bentuk yang tidak biasa.

"Pembentukan kepala yang disengaja adalah bentuk modifikasi budaya tubuh yang menandai hal-hal berbeda, seperti identitas seseorang, ritus perjalanan, atau pekerjaan," kata profesor antropologi dari University of Wyoming Melissa Murphy.



Simak Video "Goa Tengkorak, Warisan Leluhur di Kalimantan Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)