Tonga di Mana? Negara yang Kena Tsunami Dipicu Letusan Gunung Api

Tonga di Mana? Negara yang Kena Tsunami Dipicu Letusan Gunung Api

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 17 Jan 2022 15:12 WIB
Tonga
Tonga di Mana? Negara yang Diterjang Tsunami Dipicu Letusan Gunung Berapi. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Tonga diterjang gelombang tsunami, dipicu letusan dahsyat gunung berapi bawah laut di lepas pantai. Belum banyak yang tahu, di mana letak negara ini.

Tonga atau Kerajaan Tonga terletak di Samudra Pasifik Selatan, sekitar 3.200 km sebelah timur Brisbane, Australia. Mengutip informasi dari UNDP dan CIA World Factbook, Tonga adalah negara di Polinesia yang berbentuk negara kepulauan. Ibu kota negara ini bernama Nuku'alofa, yang berada di pulau Tongatapu.

Memiliki 177 pulau, luas keseluruhan Tonga sekitar 750 kilometer persegi, yang tersebar lebih dari 700 ribu kilometer persegi di Samudra Pasifik bagian selatan. Dari 177 pulau, sebanyak 52 pulau dihuni oleh 103 ribu penduduk. Sebanyak 70% penduduk di Tonga berada di pulau utama Tongatapu.

Wilayah Tonga membentang lebih dari 8.000 kilometer di garis utara-selatan, atau sekitar sepertiga jarak dari Selandia Baru ke Bugil Island. Pulau ini dikelilingi oleh Fiji, Wallis dan Futuna (Belanda) di barat laut, Samoa di timur laut, Niue di timur, Kermadec (bagian dari Selandia Baru) di barat daya, serta Kaledonia Baru (Prancis) juga Vanuatu di barat jauh.

Meletusnya gunung berapi bawah laut

Letusan gunung berapi bawah laut tak hanya menyebabkan gelombang tsunami di Tonga, tetapi berdampak juga ke sejumlah negara. Gunung yang meletus itu adalah gunung api bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, yang terletak di kawasan Laut Pasifik, dan masuk dalam kawasan negara Tonga.

Letusan yang terjadi pada Sabtu (15/1) sore waktu setempat itu berdampak di seluruh Pasifik. Peringatan tsunami pun dikeluarkan beberapa wilayah Selandia Baru, Jepang, dan Amerika Serikat.

Gelombang tertinggi yang teramati adalah 120 cm di Pulau Amami Oshima di Prefektur Kagoshima, diikuti oleh gelombang 110 cm di Pelabuhan Kuku di Prefektur Iwate. Sejauh ini, belum ada laporan kerusakan atas tsunami di Jepang.

Peringatan tsunami berlaku untuk semua daerah pesisir dataran rendah Samoa, dengan penduduk dan pengunjung disarankan untuk menjauh dari daerah pantai.

Melansir AP News, di Selandia Baru, badan manajemen darurat mengeluarkan peringatan tentang aktivitas tsunami untuk pantai utara dan timur negara itu. Hawaii melaporkan gelombang tsunami setinggi 0,5 meter di Nawiliwili, Kauai dan 80 cm di Hanalei.

Sementara itu, gelombang pertama yang menghantam daratan Amerika Serikat sekitar 33 cm di Nikolski, Alaska dan 59 cm di Adak, Alaska. Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS melaporkan, gelombang sekitar 79 cm diamati di Monterey, California.

Di pantai tengah California, National Weather Service melaporkan gelombang tsunami setinggi 1,2 meter dan banjir di tempat parkir pantai di Port San Luis.



Simak Video "Detik-detik Tsunami Hantam Wilayah Tonga"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)