Planet Venus Dicurigai Jadi Habitat Alien Aneh

Planet Venus Dicurigai Jadi Habitat Alien Aneh

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 21 Des 2021 19:23 WIB
Venus: Benarkah ada kehidupan di langit planet yang bersuhu sekitar 400 derajat celsius?
Planet Venus. Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Apakah ada kehidupan di Planet Venus masih menjadi misteri sampai saat ini. Akan tetapi dalam riset terbaru ini, diyakini ada potensi bentuk kehidupan alien yang aneh di planet tersebut yang tak diketahui sebelumnya atau sangat berbeda dari kehidupan di Bumi.

Makhluk hidup itu kemungkinan memproduksi ammonia di awan Venus. Di Planet Bumi, ammonia adalah kotoran dari organisme air.

Nah, adanya ammonia di bagian atas atmosfer Venus sudah cukup lama membingungkan ilmuwan karena kemungkinan tidak diproduksi oleh sesuatu yang sudah dikenal sebelumnya.

Seperti dikutip detikINET dari Independent, Selasa (21/12/2021) Venus sendiri adalah planet yang sangat panas sehingga hanya di awan itulah kemungkinan ada kehidupan dalam bentuk mikroba. Namun, komposisi kimianya tidak seperti yang ada di Bumi atau bahkan di Mars.

Itu karena Mars agak mirip dengan Bumi sedangkan Venus ini tidaklah seperti planet lainnya di Tata Surya kita. Dalam studi ini, periset dari Cardiff Universit, MIT dan Cambridge University meneliti proses kimia di awan Venus.

"Kami tahu bahwa kehidupan bisa tumbuh di lingkungan asam di Bumi, namun tidak ada yang seasam awan di Venus. Tapi jika ada sesuatu memproduksi ammonia di awannya, itu akan membuatnya lebih bisa ditinggali," kata pemimpin studi ini, Dr William Bains.

Mereka pun mengajukan teori bahwa asal muasal ammonia itu adalah karena proses biologis makhluk hidup, bukan karena kekuatan alam seperti petir atau erupsi vulkanis.

Namun demikian, memang potensi adanya alien di Venus tetap sangat kecil. Akan tetapi, bisa jadi kehidupan di sana, jika memang ada, sangat berbeda keadaannya dengan yang dikenal di Bumi.

Untuk membuktikannya, jelas diperlukan pengambilan sampel dari planet Venus sendiri. Namun prosesnya sangat sukar dan mahal sehingga sampai saat ini, belum ada rencana pasti untuk melakukannya.

Lihat juga video 'NASA Temukan 4 Planet Mirip Bumi di Antariksa':

[Gambas:Video 20detik]



(fyk/fay)