Gawat, Hutan Amazon Terancam Kehancuran

Gawat, Hutan Amazon Terancam Kehancuran

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 12 Des 2021 11:20 WIB
Suku di Hutan Amazon
Hutan Amazon. Foto: (Reuters)
Brasil -

Hutan hujan Amazon merupakan salah satu paru-paru dunia yang sangat penting perannya bagi planet Bumi ini. Nah, beberapa ilmuwan melontarkan prediksi suram, bahwa hutan Amazon yang terletak di Brazil ini terancam kolaps dalam waktu dekat.

Seperti dikutip detikINET dari Futurism, bisa jadi hutan Amazon akan bertransformasi menjadi padang savana kering hanya dalam waktu kurang lebih 5 tahun lagi.

Hal itu ditegaskan oleh Luciana Gatti, peneliti iklim senior di Brazillian National Institute for Space Research. Ia menyebut bahwa memang Amazon sudah dekat dengan ancaman bencana lingkungan total kecuali ada langkah antisipasi yang dilakukan dengan cepat dan tepat, terutama oleh pemerintah.

"Hutan Amazon ini akan segera kolaps. Kita memang sudah berada dalam sebuah situasi darurat, maka kita perlu untuk beraksi sekarang juga. Hal ini merupakan sebuah mimpi buruk," cetusnya.

Gatti adalah satu dari 200 pakar yang beberapa waktu lalu ambil bagian dalam investigasi terhadap hutan Amazon, Science Panel for the Amazon. Laporan mereka yang telah dirilis, mengidentifikasi beberapa faktor yang membuat hutan Amazon bisa cepat kolaps.

Pemicu utama adalah kian naiknya suhu udara global terkait fenomena perubahan iklim serta begitu maraknya penebangan hutan Amazon. Hal ini menjadi resep berubahnya lingkungan di sana menjadi padang savana dengan rumput kering, bukan lagi hutan yang selama ini dikenal orang.

Lantaran waktunya sangat terbatas, ilmuwan tersebut merekomendasikan aksi harus segera dilakukan, minimal dengan melarang seluruh upaya penebangan hutan Amazon. Selain itu, diperlukan penanaman pohon kembali agar bagian hutan yang gundul juga bisa pulih.



Simak Video "Hutan Hujan Amazon Kehilangan 13 Ribu Kilometer Persegi dalam 1 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)