Ada 35 Tabrakan Lubang Hitam Baru!

Tim - detikInet
Jumat, 03 Des 2021 07:32 WIB
supermassive black hole
Ilustrasi black hole. Foto: Livescience

Kolaborasi internasional dari LIGO-Virgo-KAGRA telah mengumumkan pengamatan peristiwa terbaru yakni tabrakan 35 lubang hitam yang melepaskan gelombang gravitasi -- getaran kecil dalam struktur ruang-waktu.

Peristiwa gelombang gravitasi ini disebabkan oleh tabrakan kosmik. Dari 35 gelombang gravitasi, 32-nya terjadi kemungkinan ada kaitannya dengan dua lubang hitam yang saling bertabrakan. Dua peristiwa lagi kemungkinan melibatkan lubang hitam yang langka yang berkonsoliasi dengan bintang neutron. Satu peristiwa tersisa menjadi objek misterius yang belum bisa dijelaskan.

"Baru sekarang kita mulai menghargai keragaman lubang hitam dan bintang neutron yang menakjubkan. Hasil terbaru kami membuktikan bahwa mereka datang dalam berbagai ukuran dan kombinasi," Christopher Berry, anggota Kolaborasi Ilmiah LIGO, mengatakan dalam sebuah pernyataan, melansir IFL Science.

"Kami telah memecahkan beberapa misteri lama tetapi menemukan beberapa teka-teki baru juga. Menggunakan pengamatan ini, kita semakin dekat untuk membuka misteri bagaimana bintang - blok alam semesta kita - berevolusi," ucapnya.

Menurut Hannah Middleton, seorang peneliti postdoctoral di OzGrav, University of Melbourne setiap pengamatan baru yang tim lakukan kerap membawa penemuan dan kejutan baru. Deteksi gelombang gravitasi menjadi hal sehari-hari bagi mereka, namun ini tetap menjadi isu yang menarik untuk dibahas.

"Perjalanan pengamatan di masa depan pasti akan menemukan peristiwa yang lebih tidak biasa - astronom gelombang gravitasi memiliki banyak hal untuk dinanti," kata Middleton.

Maya Fishbach, Anggota Postdoctoral Einstein NASA dan anggota kolaborasi juga memberikan pendapatnya mengenai temuan terbaru ini. Ternyata, menurutnya, alam semesta memiliki gelombang gravitasi yang sangat menarik.

"Detektor kami yang ditingkatkan akan dapat menangkap sinyal yang lebih tenang, termasuk lubang hitam dan bintang neutron yang bergabung lebih jauh... Saya tidak sabar untuk mengetahui apa lagi yang ada di luar sana," tutupnya.

Simak Video "Katie Bouman, Sosok Berjasa di Balik Foto Lubang Hitam Pertama"