Viral Video Kadal Berkepala Dua Bermata Tiga

Viral Video Kadal Berkepala Dua Bermata Tiga

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 03 Des 2021 05:45 WIB
kadal kepala dua
Viral Video Hewan Berkepala Dua Bermata Tiga. Foto: Instagram @jayprehistoricpets
Jakarta -

Video seekor hewan di sebuah kebun binatang di Australia menarik perhatian netizen. Video tersebut memperlihatkan kadal berkepala dua dan bermata tiga sehingga menjadi viral.

Dikutip dari Daily Mail, Jumat (3/12/2021) video hewan aneh itu dibagikan oleh Jay Brewer, pendiri Reptile Zoo di California, Amerika Serikat, lewat akun Instagramnya. Brewer, yang memiliki lebih dari 5,7 juta follower, memang sering membagikan foto dan video reptil langka.

[Gambas:Instagram]



"Satu dari sejuta, satu dari sepuluh juta," katanya untuk menggambarkan betapa langka hewan tersebut, sambil menunjukkan ketiga mata kadal.

Namun tampaknya, hanya dua mata di sisi kiri dan kanan yang berfungsi. Sedangkan mata ketiganya yang terletak di tengah antara dua kepala terlihat tak berfungsi normal.

Kadal ini dinamai Lucky. Tim di Australian Reptile Park di Somersby, Australia, menemukan kadal ini dua tahun lalu. Lucky juga ternyata punya lidah berwarna biru.

Meski kadal lidah biru umum ditemukan di Australia, kelainan bentuk Lucky membuatnya istimewa. Kadal ini juga menerima perawatan terbaik dari para ahli di Australian Reptile Park.

Beberapa ahli menyarankan kadal tersebut dibebaskan agar bisa hidup di alam bebas. Namun, petugas Australian Reptile Park mengatakan mereka khawatir hewan itu mungkin tidak selamat dan tidak dapat mempertahankan diri karena kelainan bentuk tubuhnya.

Brewer menjelaskan bahwa reptil tersebut menggunakan dua kepalanya saat memakan makanan. Namun, Lucky membutuhkan bantuan dan harus diberikan perawatan khusus sampai ia bisa belajar makan sendiri.

Kadal berlidah biru diketahui tidak beracun, dan merupakan anggota terbesar dari keluarga kadal. Saat terancam, mereka menggunakan lidah biru mereka sebagai mekanisme pertahanan untuk menakuti predator. Mereka menggunakan lidah mereka untuk membuat tubuh mereka rata dan tampak lebih besar.



Simak Video "Bupati Langkat Soal Satwa Dilindungi di Rumahnya: Demi Tuhan Itu Titipan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)