4 Hal Dari Indonesia yang Sangat Dihargai Negara Lain

4 Hal Dari Indonesia yang Sangat Dihargai Negara Lain

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 14 Nov 2021 06:41 WIB
cropped hand of person holding Indonesia Flag in the city scape
Berikut ini adalah 4 hal soal Indonesia yang sangat dihargai oleh negara lain. Foto: Getty Images/iStockphoto/rudi_suardi
Jakarta -

Indonesia merupakan negara yang sangat unik dan beragam. 4 Hal ini adalah beberapa contoh betapa indah juga menariknya bangsa kita bagi negara-negara lain -- siapa juga yang tidak tahu Bali, kan?

Melansir Compassion Australia, Minggu (14/11/2021) berikut ini adalah 4 hal soal Indonesia yang sangat dihargai oleh negara lain. Kita perlu bangga dan menjaga kesatuan kita ya, detikers.

1. Negara kepulauan terbesar di dunia

Dengan lima pulau besar dan ribuan pulau kecil yang terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Secara resmi, ada lebih dari 17.500 pulau yang membentuk Indonesia, tetapi hanya sekitar 6.000 pulau yang berpenghuni.

Pulau Jawa adalah rumah bagi lebih dari setengah populasi. Tercatat 11,25 juta jiwa yang tinggal di Jakarta, ibu kota Indonesia per data 30 Juni 2021.

Indonesia membentang lebih dari 5.000 km dari timur ke barat. Indonesia memiliki tiga zona waktu yang berbeda. Garis khatulistiwa juga melintasi Indonesia, membagi setengah negara di belahan bumi utara dan yang lainnya di belahan bumi selatan.

2. Ada 100 gunung vulkanik yang aktif

Sebagian besar pulau di Indonesia ada di sepanjang sabuk vulkanik dan kedekatannya dengan Cincin Api Pasifik membuat daerah tersebut sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi. Indonesia punya banyak gunung dengan puncak tertinggi mencapai 4.000 meter di atas permukaan laut. Ada sekitar 400 gunung berapi di Indonesia dan 100 di antaranya aktif.

3. Kebanyakan sudah go digital

Seperti kota-kota lain, media sosial dan teknologi dengan di adopsi masyarakat Indonesia. Indonesia salah satu pasar media sosial terbesar di dunia, dengan lebih dari 80% populasi mengakses platform seperti YouTube, Facebook, WhatsApp, dan Twitter.

4. Ada lebih dari 600 suku

Indonesia tidak hanya merupakan daratan yang luas tetapi negara ini sangat beragam. Meskipun orang Jawa merupakan 40% dari populasi, ada lebih dari 600 kelompok etnis dan subkelompok di seluruh Indonesia. Ada 300 bahasa lokal yang diketahui dan lebih dari 500 dialek yang digunakan di seluruh Indonesia.



Simak Video "Kegelisahan Afgan Terhadap Budaya 'Oversharing'"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)