Fakta Apel Hitam, Buah Langka Harganya Mahal

Fakta Apel Hitam, Buah Langka Harganya Mahal

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 09 Nov 2021 08:15 WIB
apel hitam
Fakta Apel Hitam, Buah Langka Harganya Mahal. Foto: Goods Time
Jakarta -

Pernah lihat apel hitam? Ini bukan apel busuk, tapi apel langka bernama Black Diamond yang tumbuh di dataran tinggi Tibet. Apel ini adalah varietas langka dari keluarga apel Hua Niu yang juga dikenal sebagai Chinese Red Delicious.

Penamaan ini sebenarnya sedikit "menyesatkan" karena warna apelnya tidak benar-benar hitam, melainkan memiliki rona ungu gelap. Berikut ini sejumlah fakta menarik lainnya tentang apel hitam, dikutip dari Goods Time.

Penyebab warnanya hitam

Warnanya yang hitam disebabkan karena kondisi geografis tempatnya tumbuh di daerah Nyingchi, sebuah kota kecil di pegunungan Tibet. Di wilayah ini, pohon apel menerima limpahan sinar ultraviolet di siang hari, tetapi suhu berfluktuasi secara dramatis di malam hari. Ini menyebabkan kulit apel menjadi gelap, namun daging buah di dalamnya tetap berwarna putih dan cerah seperti apel lainnya.

Rasa lebih manis

Tak hanya punya warna hitam yang unik, apel ini juga memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan jenis apel lain. Hal ini dikarenakan kandungan glukosa dalam apel hitam lebih tinggi.

apel hitamFoto: Goods Time

Harganya mahal

Apel Black Diamond hanya dijual di supermarket premium. Di China, Black Diamond dijual 50 yuan per buah, atau kira-kira Rp 111 ribuan. Apel ini membutuhkan perawatan ekstra dan waktu panen yang lebih lama.

Budidaya apel ini sudah dimulai pada tahun 2015 di kebun Nyingchi. Black Diamond dibudidayakan di kebun seluas 50 hektar yang didirikan oleh perusahaan Dandong Tianluo Sheng Nong E-Commerce Trade Co, Ltd, dan memiliki ketinggian 3.100 meter di atas permukaan laut. Wilayah ini adalah tempat ideal untuk menumbuhkan tumbuhan unik ini.

Perlu 8 tahun untuk panen

Apel Black Diamond sulit ditemukan di pasar. Menurut sebuah penelitian, sekitar 70% dari tanaman Black Diamond tahunan tidak berhasil dipasarkan.

Black Diamond ini tidak tumbuh setiap saat. Dibandingkan dengan pohon apel biasa, menanam apel hitam harus menunggu hingga 8 tahun dan hanya ada 30% buahnya yang berwarna hitam sempurna baru bisa dijual, itu pun hanya bertahan selama 2 bulan.



Simak Video "Berkumpul Bersama Memberi Makan Rusa di Taman Flora Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)