Imut! Lumba-lumba Boto Warnanya Pink

Imut! Lumba-lumba Boto Warnanya Pink

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 06 Nov 2021 21:11 WIB
lumba-lumba pink
Imut! Lumba-lumba Boto Warnanya Pink. Foto: Aquaexpedition
Jakarta -

Keberadaan lumba-lumba pink mungkin terdengar seperti mitos. Tapi makhluk ini sungguhan ada. Mereka hidup di wilayah Amazon.

Lumba-lumba sungai Amazon (Inia geoffrensis) yang juga dikenal sebagai boto, terbilang raksasa di antara genusnya. Panjangnya bisa mencapai 2 meter dan beratnya sekitar 204 kilogram.

Ukuran bukan satu-satunya hal yang membedakan lumba-lumba sungai Amazon ini dengan lumba-lumba lain. Boto berwarna pink alias merah muda. Meski terlahir abu-abu, jantan dari spesies ini mudah diidentifikasi saat mereka memasuki usia dewasa dengan rona merah muda.

Dikutip dari How Stuff Works, mereka perlahan berubah menjadi pink seiring dengan bertambahnya usia. Warna akhir yang diperoleh dipengaruhi oleh perilaku, penempatan kapiler, pola makan, dan paparan sinar Matahari.

Lumba-lumba pink sungai Amazon adalah satu dari lima spesies lumba-lumba yang hidup di sungai air tawar. Mereka berkerabat jauh dengan lumba-lumba laut yang beradaptasi dengan air asin. Selain warna merah muda yang menjadi ciri khas mereka, lumba-lumba sungai merah muda Amazon memiliki fitur lain yang membedakannya dengan "sepupu" air asin mereka.

Tak seperti lumba-lumba laut yang memiliki sirip punggung yang menonjol dari punggungnya, lumba-lumba sungai merah muda memiliki punuk sebagai gantinya.

Sistem lahan basah Amazon yang dialiri oleh Sungai Amazon, adalah tempat penting bagi lumba-lumba pink untuk berkembang biak. Sejak 2018, wilayah ini telah diberi status dilindungi secara internasional.

Selain lumba-lumba pink, daerah ini adalah rumah bagi berbagai spesies langka yang menakjubkan, mencakup ratusan spesies tanaman, burung, reptil, mamalia dan amfibi yang sejauh ini telah dikatalogkan.



Simak Video "Penampakan Kemunculan Lumba-lumba di Perairan Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)