Waduh, Astronaut Tak Bisa Pakai Toilet di Pesawat SpaceX

Waduh, Astronaut Tak Bisa Pakai Toilet di Pesawat SpaceX

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 02 Nov 2021 07:17 WIB
An CG astronaut in a modern space suit, connected to a tethered lifeline floats in deep space and looks at the lights of planet earth as the sun rises. Distant stars and galaxies are visible in the background. Credit: NASA https://earthobservatory.nasa.gov/images/79790/city-lights-of-asia-and-australiaand ESO for background images.
Waduh, Astronaut Tak Bisa Pakai Toilet di Pesawat SpaceX. Foto: Getty Images/iStockphoto/peepo
Jakarta -

Astronaut berikutnya yang kembali ke Bumi dengan pesawat Dragon SpaceX tidak akan bisa menggunakan sistem penting dalam perjalanan pulang mereka, toilet luar angkasa. Kenapa?

Toilet SpaceX di Crew Dragon Endeavour terlarang bagi empat astronaut misi Crew-2, begitu mereka meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada awal November.

Larangan ini terpaksa dikeluarkan karena kemungkinan adanya kebocoran urine di toilet seperti yang terdeteksi pada penerbangan Inspiration4 September lalu. SpaceX sejak itu mendesain ulang toiletnya untuk menghindari kebocoran pada penerbangan di masa depan.

"Kami meminta untuk tidak menggunakan sistem toilet tersebut sama sekali dalam perjalanan pulang berdasarkan apa yang telah kita lihat dari penerbangan sebelumnya," kata Steve Stitch, Manager of NASA Commercial Crew.

Dikutip dari Space.com, peluncuran astronaut Crew-3 sendiri telah ditetapkan akan meluncur pekan depan.

"Kami memiliki cara lain untuk memungkinkan kru melakukan aktivitas yang mereka butuhkan," tambah Stitch.

Karena tidak bisa menggunakan toilet, para kru menggunakan cara lain yakni dengan menggunakan pakaian dalam khusus. Alat pengelolaan limbah ini telah lama digunakan para astronaut untuk buang air kecil saat mengenakan pakaian luar angkasa ketika bertugas.

Para astronot yang kembali ke Bumi dalam misi Crew-2 adalah Shane Kimbrough dan Meghan McArthur dari NASA, astronaut Japan Aerospace Exploration Agency Akihiko Hoshide dan astronaut Thomas Pesquet dari European Space Agency. Mereka meluncur ke ISS pada April lalu dan direncanakan kembali ke Bumi pada 4 November.



Simak Video "Aksi Astronaut Pasang Kabel di Stasiun Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)