Mengagumkan, Penampakan Planet Sejauh 400 Tahun Cahaya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 28 Okt 2021 08:45 WIB
Planet 2M0437b
Planet 2M0437b. Foto: Subaru Telescope.

Sebuah foto baru yang mengagumkan tentang antariksa terekam oleh teleskop. Foto tersebut menampakkan exoplanet, planet di luar Tata Surya kita, yang masih dalam tahap awal perkembangannya atau disebut juga planet bayi.

Exoplanet ini dinamakan sebagai 2M0437b, dengan ukuran diestimasi beberapa kali Planet Jupiter sehingga cukup masif. Ia mengorbit pada sebuah bintang dengan jarak sekitar 417 tahun cahaya dari Bumi.

Seperti dikutip detikINET dari Space, usianya diperkirakan 'baru' beberapa juta tahun, sehingga jauh lebih muda daripada planet di Tata Surya kita, yang terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun silam. Bahkan saking mudanya, kemungkinan planet ini suhunya sepanas lava karena energi yang dilepaskan dalam proses pembentukannya.

Ilmuwan menemukan 2M0437b dengan teleskop Subaru Telescope, yang meringkus gambar planet itu yang disinari oleh bintangnya. Teleskop Subaru yang lebarnya 8,2 meter, ditempatkan di puncak gunung apo Maunake di Hawaii dan dioperasikan oleh National Astronomical Observatory of Japan.

"Penemuan yang beruntung ini telah menambah daftar planet elit yang bisa kita amati secara langsung dengan teleskop," kata Eric Gaidos, pemimpin riset ini.

"Dengan menganalisis cahaya dari planet ini, maka kita juga bisa mengatakan sesuatu tentang komposisinya dan mungkin di mana serta bagaimana ia terbentuk di sekitar bintangnya," tambah dia.

Sebenarnya planet tersebut sudah terdeteksi sejak tahun 2018 yang lalu oleh teleskop Subaru. Akan tetapi butuh penelitian beberapa waktu untuk memastikannya dengan lebih seksama. Teleskop masa depan, terutama James Webb besutan NASA yang segera diluncurkan, mungkin dapat menggali informasi lebih dalam dan mendetail tentang planet ini nantinya.

Simak Video "Kalau Wisata ke Planet Mars, Destinasinya Kemana Aja Ya?"
(fyk/fay)