Mengintip Stasiun Antariksa China yang Bikin Kagum

Mengintip Stasiun Antariksa China yang Bikin Kagum

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 24 Okt 2021 08:48 WIB
Tiangong
Stasiun antariksa China Tiangong. Foto: CNSA
Jakarta -

China telah mengoperasikan stasiun luar angkasa sendiri yang berada di orbit Bumi, dinamakan sebagai Tiangong. Stasiun antariksa baru ini bagian dalamnya sukses bikin kagum dan membuat International Space Station (ISS) jadi terasa jadul.

Misi pertama astronaut China di stasiun tersebut sudah dilakukan dan mereka sudah pulang ke Bumi September silam. Nah baru-baru ini, China meluncurkan lagi tiga astronaut ke Tiangong dalam misi Shenzhou 13.

Tiga astronaut tersebut, Zhai Zhigang, Wang Yaping, dan Ye Guangfu, akan melakukan penelitian sampai spacewalk di kehampaan luar angkasa. Namun yang paling menarik perhatian adalah penampakan bagian dalam Tiangon yang ternyata sangat modern.

TiangongTiangong. Foto: CNSA

Seperti dikutip detikINET dari Futurism, Minggu (24/10/2021) para astronaut tampak leluasa berada di dalam ruangan dan masing-masing punya tempat tidur memadai. Bahkan, ada pula ruang kebugaran agar mereka bisa menjaga kesehatan.

TiangongTiangong. Foto: CNSA

Jika dibandingkan dengan ISS, desain dan fasilitas di Tiangong jauh lebih masa kini. Hal itu sebenarnya wajar saja karena ISS memang sudah lama sekali berada di luar angkasa, tepatnya diluncurkan pada tahun 1998.

Sejak diluncurkan itulah, ISS hanya ditujukan untuk beroperasi selama 30 tahun. Artinya, 7 tahun lagi ISS sudah pensiun. Pada saat ini pun, sudah terlihat bahwa ISS merupakan stasiun antariksa jadul.

ISSISS. Foto: NASA

Tempat tidur para astronaut misalnya, lebih kecil dibandingkan Tiangong. Menurut astronaut NASA Scott Kelly, para astronaut bisa tidur di mana saja dan kadang berdesak-desakan.

ISSISS. Foto: NASA

Interiornya pun terlihat kacau balau, dengan kabel berseliweran di mana-mana, di antara berbagai komputer dan hardware. Predikat ISS sebagai stasiun luar angkasa paling keren pun tampaknya sudah diambilalih Tiangong meskipun secara fungsi, bisa jadi ISS lebih canggih.



Simak Video "Intip Kondisi Tiga Astronaut China di Stasiun Luar Angkasa Tiangong"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/agt)