Teori Lubang Hitam Jadi Sumber Energi Peradaban Alien

Teori Lubang Hitam Jadi Sumber Energi Peradaban Alien

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 23 Agu 2021 07:20 WIB
Bola Dyson
Ilustrasi bola Dyson untuk menambang energi Lubang Hitam. Foto: Science Alert
Taipei -

Masih banyak yang belum diketahui tentang Lubang Hitam sehingga obyek di antariksa ini kerap menjadi sasaran penelitian, bahkan juga hipotesis liar. Terbaru, ilmuwan memunculkan teori bahwa bisa saja Lubang Hitam menjadi sumber energi bagi peradaban alien.

Lubang Hitam memang punya tarikan gravitasi yang dahsyat, bahkan cahaya pun tidak bisa lolos darinya. Namun obyek ini di sisi lain juga bisa memproduksi energi besar dalam beragam cara.

Dikutip detikINET dari Daily Mail, ilmuwan di National Tsing Hua University, Taiwan, mengeksplorasi apakah ada sumber daya di Lubang Hitam yang secara teori bisa dimanfaatkan untuk sumber daya peradaban.

Nah, periset itu menyatakan peradaban alien super maju secara teori bisa membuat struktur besar yang dinamakan bola Dyson di sekitar Lubang Hitam, untuk menarik energinya, yang skalanya 100 ribu kali dari Matahari.

Bola Dyson itu secara teori mungkin dibangun di obyek seperti bintang untuk mendapatkan energinya dengan lebih baik. Digambarkan bahwa bola Dyson tersusun atas jaringan satelit yang mengitari sumber energi.

Teknologi manusia belum dapat membuatnya sehingga lagi-lagi secara teori, peradaban alien super maju yang dapat menciptakannya yang disebut sebagai peradaban Tipe II atau Tipe III.

"Dalam studi ini, kami mempertimbangkan sebuah sumber energi dari peradaban maju Tipe II atau Tipe III. Mereka membutuhkan sumber energi yang lebih powerful daripada bintang mereka sendiri," tulis para peneliti tersebut.

Lalu seandainya benar, untuk apa energi super besar dari Lubang Hitam dimanfaatkan oleh alien? "Mungkin untuk menambang mata uang kripto atau main video game," kata periset itu setengah bercanda.



Simak Video "Ilmuwan Perkirakan Alien Bisa Temukan Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)