Pulau Baru Mendadak Muncul dari Dalam Laut Jepang

Pulau Baru Mendadak Muncul dari Dalam Laut Jepang

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 20 Agu 2021 07:45 WIB
Pulau baru di Jepang
Penampakan pulau baru yang muncul di Jepang. Foto: Guardian
Tokyo -

Sebuah pulau baru mendadak muncul di Jepang, menambah daftar pulau di Negeri Sakura itu yang jumlahnya sekitar 6.000 buah. Daratan baru itu menurut ilmuwan terbentuk akibat erupsi vulkanis yang terjadi di bawah laut.

Seperti dikutip detikINET dari Guardian, pulau baru tersebut terbentuk di Laut Pasifik, sekitar 50 kilometer dari Minami Outo, pulau paling selatan di kepulauan Ogasawara. Pengawas pantai Jepang menyebut bentuknya seperti sabit dan diameter kira-kira 1 kilometer.

Namun apakah pulau ini akan menjadi permanen atau nanti lenyap, pada saat ini belum dapat ditentukan. Beberapa faktor akan menentukan nasib pulau itu di masa depan.

Jika terus terjadi aktivitas vulkanis yang memproduksi lava dalam jumlah besar, maka pulau ini akan lebih solid dan dengan demikian akan lebih bertahan lama menghadapi terjangan ombak.

Akan tetapi profesor Kenji Nigami dari Volcanic Fluid Research Centre di Tokyo Institute of Technology menyatakan bahwa kemungkinan pulau baru itu materialnya adalah batu apung dan abu. Dengan ganasnya aktivitas laut, bisa jadi pulau akan hilang tergerus.

Pulau sejenis sudah pernah muncul sebelumnya di area yang sama, yaitu pada tahun 1904, 1914 dan 1986. Akan tetapi semua pulau tersebut pada akhirnya hilang karena faktor erosi.

Di sisi lain, lembaga meteorologi Jepang meyakini bahwa erupsi bawah laut itu masih akan terjadi sehingga mereka mengeluarkan peringatan agar penduduk lebih waspada.

Kemunculan pulau tersebut bisa cukup penting dalam kaitannya dengan geopolitik jika lokasinya bisa menambah teritori Jepang. Namun demikian, disimpulkan bahwa pulau baru ini masih berada dekat dengan wilayah kepulauan Jepang pada saat ini sehingga mungkin tidak ada perubahan.



Simak Video "Gempa M 6,1 Guncang Tokyo, Listrik Stasiun Padam-Lampu Jalan Goyang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)