China Temukan Virus Corona Pada Paket Durian

China Temukan Virus Corona Pada Paket Durian

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 19 Agu 2021 22:36 WIB
gegara petik durian sembarang, 11 orang ditangap polisi
China Temukan Virus Corona pada Paket Durian. Foto: iStock
Jakarta -

Baru-baru ini, sebuah pasar di Ganzhou, China mengumumkan bahwa mereka mendeteksi jejak SARS-CoV-2, virus Corona baru penyebab COVID-19 pada permukaan paket durian yang berasal dari Thailand. Hal ini disampaikan Kantor Urusan Pertanian di bawah Kedutaan Besar Thailand (Office of Agricultural Affairs/OAA) di Beijing.

OAA mengatakan, mereka menemukan virus tersebut pada paket durian di pasar Haudongcheng akhir pekan lalu. Selanjutnya, dilakukan tes COVID-19 pada semua orang yang menangani paket durian tersebut.

Untungnya, mereka semua dinyatakan negatif COVID-19. Meski demikian, saat ini semua orang yang menangani paket tersebut harus menjalani karantina.

Dikutip dari The Thaiger, Kamis (19/8/2021) paket durian juga telah disimpan demi keamanan. Buah-buahan lain dan area yang terkontaminasi di pasar pun telah disterilkan. OAA mengatakan mereka telah membahas masalah ini dengan Administrasi Umum Bea Cukai China.

Juru bicara OAA mengatakan, mereka tidak akan berhenti mengimpor produk dari pemasok Thailand mereka, karena virus terdeteksi di daerah setempat dan bukan di pos pemeriksaan.

"Impor durian dari pemasok Thailand tidak akan dihentikan karena berdasarkan penyelidikan awal, jejak virus COVID-19 ditemukan di daerah setempat. Ini menunjukkan bahwa kemungkinan besar akan ditransfer dari pihak yang menangani paket ketika tiba di pasar," kata OAA.



Simak Video "Lagi dan Lagi, Rusia Cetak Rekor Kematian Akibat Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)