10 Fakta Komodo yang Proyek Habitatnya Diprotes UNESCO

10 Fakta Komodo yang Proyek Habitatnya Diprotes UNESCO

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 12 Agu 2021 08:23 WIB
Meski Ada Desakan, Proyek Pembangunan Pariwisata di Taman Nasional Komodo Akan tetap Dilanjutkan
Komodo yang mendunia (Foto: ABC Australia)
Jakarta -

Pemerintah dan UNESCO masih tarik ulur soal pembangunan Taman Nasional Komodo. Si naga purba memang bukan hewan sembarangan.

Kemenparekraf menyebut pemerintah sedang kebut merivisi AMDAL pembangunan TN Komodo. Sebelumnya ada protes dari UNESCO yang meminta pembangunan TN Komodo dihentikan.

Urusan habitat si naga purba memang bukan perkara sembarangan. Kenapa sampai banyak pro kontra, karena memang hewan ini begitu istimewa bukan hanya untuk Indonesia tapi juga dunia.

Seberapa unik dan ajaibnya Komodo, simak dulu 10 fakta ilmiah Komodo seperti dilihat detikINET, Kamis (12/8/2021) dari World Wildlife Fund (WWF):

1. Komodo adalah kadal terbesar di dunia. Dunia menambahi namanya menjadi Komodo Dragon, bukan sekadar lizard (kadal). Kalau masih ada naga di zaman modern, itulah dia si Komodo. Mereka bisa tumbuh sampai 3 meter dengan berat rata-rata 70 kg. Di habitatnya, Komodo adalah predator puncak sehingga ia bisa terus membesar atau island gigantism.

2. Komodo sudah hidup jutaan tahun, tapi ilmuwan baru menemukannya kurang dari 100 tahun lalu.

3. Taman Nasional Komodo diresmikan tahun 1980 untuk melindungi hewan ini dari perburuan dan kepunahan. Saat ini ada 4.000-5.000 ekor Komodo di sana.

4. Komodo betina bertelur di sarang yang digali. Sekali bertelur bisa 30 butir yang dierami 9 bulan.

5. Komodo punya mata dan telinga yang buruk. Andalannya adalah indera penciuman berupa lidah yang bercabang seperti ular.

6. Komodo punya metabolisme tubuh sangat lambat. Komodo minimal cukup makan 12 kali setahun saja.

7. Komodo punya 60 gigi melengkung dan tajam. Gigitannya menyebabkan perdarahan pada hewan buruannya dan mereka akan mati karena kehilangan banyak darah.

8. Seekor Komodo bisa menghabiskan mangsa seukuran kambing. Mereka cuma butuh 20 menit untuk menghabiskannya. Bahkan Komodo punya kebiasaan membenturkan daging mangsanya ke pohon agar lebih cepat terdorong masuk ke tenggorokan. Brutal!

9. Bayi Komodo bisa jadi korban kanibalisme Komodo dewasa. Komodo muda jadi pemanjat ulung dan hidup di atas pohon, sampai akhirnya besar dan tidak bisa memanjat lagi.

10. Gigitan Komodo mengandung 60 bakteri yang menginfeksi korbannya. Kalau tidak mati langsung, mereka akan mati dalam hitungan hari dan si Komodo memantau buruannya mati pelan-pelan.



Simak Video "UNESCO Minta Pemerintah Indonesia Stop Proyek di Pulau Komodo"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/afr)