Lowongan Kerja di NASA: Digaji Buat Pura-pura Tinggal di Mars

Lowongan Kerja di NASA: Digaji Buat Pura-pura Tinggal di Mars

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Minggu, 08 Agu 2021 17:45 WIB
The Martian
Film The Martian yang dibintangi Matt Damon (Foto: Twentieth Century)
Jakarta -

Badan Antarika Amerika (NASA) sedang membuka lowongan kerja untuk 4 orang. Tugasnya adalah pura-pura tinggal di Planet Mars selama setahun. Tertarik?

Diberitakan Daily Star Inggris seperti dilihat Minggu (8/8/2021) NASA mulai menerima aplikasi lamaran kerja untuk 4 orang yang akan pura-pura tinggal di Planet Mars. Proyek ini bagian dari persiapan untuk misi manusia ke Mars di masa depan.

Pelamar kerja -- jika diterima -- akan digaji untuk melakukan berbagai simulasi misi penjelajahan di Mars. Simulasi ini seperti spacewalks, komunikasi antar planet, simulasi kegagalan peralatan dan manajemen makanan dan sumber daya yang terbatas.

Simulasi ini akan dilakukan di Houston, Amerika Serikat, bukan di Planet Mars pastinya. Gedung Johnson Space Centre akan diubah menjadi Mars Dune Alpha sebuah habitat ala Mars yang dibuat dengan printer 3D.

Kawasan ini luasnya 160 m2, kurang lebih seukuran sebuah rumah di komplek perumahan. Akan ada 3 eksperimen yang akan dilakukan. Uji coba pertama akan dilakukan pada musim gugur 2021.

Jika suka film Matt Damon yang berjudul The Martian, berarti pekerjaan ini cocok untuk Anda. Kurang lebih kegiatannya akan seperti itu. Anda akan diberikan makanan astronaut yang siap santap, tapi Anda juga akan belajar bercocok tanam.

"Kami ingin memahami bagaimana manusia bisa melakukan ini di sana. Kami mencoba melihat situasi Planet Mars yang realistis," kata ketua ilmuwan, Grace Douglas.

Untuk persyaratannya adalah gelar S2 (master) di bidang sains, teknik, matematika atau pengalaman pilot. Usia 30-35 tahun, dalam kondisi fisik yang sehat, tidak ada masalah makanan dan tidak mengidap motion sickness. Kurang lebih, mirip persyaratan untuk menjadi astronaut.

Sayang orang Indonesia dan negara lain tidak bisa ikutan melamar. Pekerjaan ini untuk WN Amerika atau pemilik status permanent resident di Amerika saja.



Simak Video "Baju Astronaut Belum Jadi, Misi NASA ke Bulan Terancam Ditunda"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rns)