Siapa Pengganti Pluto Sang Planet ke-9?

Siapa Pengganti Pluto Sang Planet ke-9?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 05 Agu 2021 07:55 WIB
Sejak tahun 2006, The International Astronomical Union (IAU) telah mengeluarkan Pluto dari jajaran Planet. Pluto dikategorikan sebagai Planet Kerdil. Lantas, apakah ada Planet ke-9 yang dapat mengisi kekosongan di posisi ke-9 dalam Tata Surya kita?

Mengutip Science Alert, dari analisis yang dilakukan oleh Outer Solar System Origins Survey, serta beberapa hasil survei lainnya, tidak menemukan tanda-tanda pengelompokan di antara objek trans-Neptunus lain yang relevan untuk menjadikannya sebagai planet. Ini membuat keberadaan Planet Sembilan masih sangat kontroversial dalam diskusi para ahli.
Siapakah planet kesembilan? Foto: Caltech/R. Hurt/IPAC
Jakarta -

Sejak tahun 2006, The International Astronomical Union (IAU) telah mengeluarkan Pluto dari jajaran Planet. Pluto dikategorikan sebagai Planet Kerdil. Lantas, apakah ada Planet ke-9 yang dapat mengisi kekosongan di posisi ke-9 dalam Tata Surya kita?

Mengutip Science Alert, dari analisis yang dilakukan oleh Outer Solar System Origins Survey, serta beberapa hasil survei lainnya, tidak menemukan tanda-tanda pengelompokan di antara objek trans-Neptunus lain yang relevan untuk menjadikannya sebagai planet. Ini membuat keberadaan 'Planet Sembilan' masih sangat kontroversial dalam diskusi para ahli.

Bagaimana kita bisa memastikan bahwa 'Planet Sembilan' itu ada?

Mari berandai-andai bahwa 'Planet Sembilan' itu ada. Yang pasti, dari segi massa, 'Planet Sembilan' bisa 10 kali lebih besar dari Bumi. Proses terbentuknya planet tersebut kemungkinan juga akan sama dengan proses 'kelahiran' planet lainnya.

Jika 'Planet Sembilan' ada, keterpencilannya sangat ekstrem alias super duper jauh. Ia diprediksi 10 kali lebih jauh dari Neptunus. Bukan hanya karena terlalu jauh saja, risiko terjadinya penurunan kecepatan orbitnya relatif akan membuat perbedaan posisi si planet lebih sulit untuk diidentifikasi.

Apalagi, meskipun ada teleskop yang mampu mengamati objek sebesar ini, tapi alasan banyaknya benda langit yang menghalangi pengamatan juga berpengaruh pada penemuan 'Planet Sembilan'. Menurut ahli, melacak lebih banyak objek trans-Neptunus dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah pelacakan 'Planet Sembilan'.

Sebelumnya ada beberapa penelitian untuk mencari Planet Kesembilan. Para peneliti, Konstantin Batygin dan Mike Brown, menemukan keberadaan planet potensial ini melalui pemodelan matematika dan simulasi komputer sebagaimana ditulis Caltech.

"Ini akan menjadi planet kesembilan yang nyata," kata Brown, Profesor Astronomi Planet Richard dan Barbara Rosenberg. Brown mencatat bahwa planet kesembilan potensial ini memiliki 5.000 kali massa Pluto.

Untuk saat ini, Tata Surya kita masih memiliki anggota keluarga yang terdiri dari delapan planet (Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus). Masalah nantinya kita gagal menemukan tanda-tanda adanya anggota kesembilan atau tidak, setidaknya para ahli pasti menemukan hal lain yang juga bermanfaat untuk mengenal alam semesta yang begitu luas.



Simak Video "Bocah Magang di NASA Temukan Planet Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)