Ikan Jumbo Berwujud Tak Biasa Kejutkan Warga

Ikan Jumbo Berwujud Tak Biasa Kejutkan Warga

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 20 Jul 2021 21:30 WIB
Moonfish
Ikan moonfish. Foto: Seaside Aquarium
Oregon -

Seekor ikan berwujud aneh dan tubuhnya terbilang sangat besar mengejutkan warga di Seaside, Oregon, Amerika Serikat. Belakangan diketahui bahwa ikan aneh itu adalah jenis moonfish yang sebenarnya sangat-sangat jarang terdampar di wilayah tersebut.

Ketika diukur, panjangnya mencapai sekitar 1 meter dengan berat 45 kilogram. "Ikan besar, langka di Oregon Coast, ditemukan pagi ini. Penemuan ini cukup mengejutkan dan orang-orang melihat ikan berwujud aneh sekaligus cantik ini," sebut staff di Seaside Aquarium.

Ikan ini rencananya akan dibekukan dan nanti dibedah. Isi perutnya diharapkan dapat menjadi petunjuk tentang darimana ikan ini sebenarnya berasal karena pada saat ini hal itu belum dapat disimpulkan.

Terakhir kali ikan moonfish terdampar di area sana adalah pada tahun 2009 atau 12 tahun yang lalu. Moonfish sendiri dapat tumbuh sampai 1,8 meter panjangnya dan bobot dapat tembus 270 kilogram.

Seperti dikutip detikINET dari Newshub, Heidi Dewar selaku ilmuwan biologi dari National Oceanic and Atmospheric Administrations (NOAA) menyatakan kejadian ini tidak biasa dan mungkin berhubungan dengan perubahan iklim sehingga ikan itu terpaksa bergerak dari habitat aslinya.

"Ikan moonfish yang sebesar itu adalah tidak normal di Oregon. Kita menyaksikan beberapa organisme laut berpindah karena temperatur air laut yang terus meningkat," ucap dia.

Sebuah studi yang dipublikasikan bulan April silam menyebutkan bahwa menghangatnya suhu lautan memaksa puluhan ribu spesies berpindah dari kawasan tropis ke lautan yang lebih dingin.

Penelitian yang digelar oleh akademisi di University of Auckland tersebut menemukan eksodus massal hampir 50 ribu spesies termasuk ikan dan kerang yang bergerak ke arah kutub.



Simak Video "Masalah Perubahan Iklim yang Makin Bikin Ketar-ketir"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)