Keren! Peneliti Korsel Ubah Kotoran Manusia Jadi Energi

Keren! Peneliti Korsel Ubah Kotoran Manusia Jadi Energi

Josina - detikInet
Sabtu, 17 Jul 2021 20:31 WIB
Scientist Working in The Laboratory
(ilustrasi) Foto: iStock
Jakarta -

Saat kita buang air besar dan menyiramnya, kotoran itu masuk ke saluran pembuangan sepiteng. Tapi bagaimana bila kotoran yang selama ini dianggap sampah tak berguna diolah menjadi sebuah energi yang bermanfaat?

Hal tersebutlah yang telah dilakukan para peneliti di Institut Sains dan Teknologi Nasional Ulsan (UNIST) di Korea Selatan. Mereka telah membuat toilet yang dijuluki BeeVi yang dapat mengambil kotoran dan mengubahnya menjadi energi.

Toilet BeeVi dilengkapi dengan pompa vakum yang mengirimkan kotoran manusia ke tangki bawah tanah. Mikroorganisme di dalam tangki kemudian mengubah limbah menjadi metana, yang bertindak sebagai sumber energi untuk bangunan dan menggerakkan kompor gas, ketel air panas, dan sel bahan bakar oksida padat.

Menurut Profesor Jae-weon yang memimpin penelitian ini, rata-rata seseorang buang air besar hampir 500g sehari. Ini dapat diubah menjadi 50 liter gas metana yang dapat menghasilkan daya 0,5kWh.

Daya sebesar itu diklaim cukup untuk menggerakkan mobil sejauh 1,2 km. Kotoran manusia dapat digunakan untuk memproduksi pupuk kandang di laboratorium.

"Jika kita berpikir out of the box, kotoran memiliki nilai berharga untuk membuat energi dan pupuk. Saya telah memasukkan nilai ini ke dalam sirkulasi ekologis," kata Profesor Jae-weon.

Selain mengolah kotoran manusia menjadi energi, profesor Jae-weon juga telah menciptakan mata uang virtual, Ggool, yang diberikan pada siswa yang menggunakan toilet BeeVi.

Seseorang dapat memperoleh hingga sepuluh Ggool sehari. Uang virtual tersebut dapat digunakan untuk membeli barang-barang seperti kopi, mi instan, buah-buahan, dan buku di kampus UNIST sebagaimana dilansir detiKINET dari Ubergizmo.



Simak Video "NASA Rayakan 20 Tahun Operasi Muatan Sains ISS"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/afr)